TY - THES ID - digilib10146 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10146/ A1 - ANIS FITROTUNNISA, NIM. 08420115 Y1 - 2012/08/05/ N2 - ANIS FITROTUNNISA. Penerapan Metode Index Card Match Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIIIC MTsN LAB UIN Yogyakarta: Jurusan pendidikan bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah Universitas islam negeri sunan kalijaga Yogyakarta, 2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang bertujuan mendeskripsikan penerapan metode Index Card Match dalam pembelajaran bahasa Arab, meningkatkan keaktifan siswa kelas VIIIC serta mengetahui tanggapan siswa terkait pembelajaran bahasa Arab setelah menggunakan metode Index Card Match. Penelitian ini bersifat kualitatif yang mengambil lokasi di Madrasah Tsanawiyyah Negeri Laboratorium UIN Sunan kalijaga Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, interview, observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan proses pembelajaran bahasa Arab dan peningkatan keaktifan siswa melalui metode Index Card Match serta analisis angket tanggapan siswa. Adapun kegiatan penelitian ini meliputi: plan (perencanaan), Action (tindakan), observe (pengamatan), dan reflect (refleksi). Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama, pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua Siklus, setiap Siklusnya terdiri dari dua pertemuan yang diawali dengan observasi awal pembelajaran dan pra tindakan. Penerapan metode Index Card Match ini lebih terpusat kepada siswa dalam proses pembelajaran, dengan diberikan tugas kelompok untuk mencari pasangan kartu ssuai dengan pertanyaan dan jawaban. Akhir dari kegiatan ini adalah evaluasi/penilaian dari setiap hasil kerja kelompok. Kedua, adanya peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Arab. aspek keaktifan siswa tersebut meliputi: antusiasme dalam mengerjakan tugas, mengerjakan tugas sesuai waktu, senang setiap mengikuti pembelajaran, mencari sumber belajar lain, mengemukakan pendapat dalam kelompok, bertanya kepada guru jika materi kurang jelas, berpartisipasi dalam kelompok, saling membantu dalam kelompok, mendengarkan pendapat orang lain, dan saling bertanya dalam kelompok. Secara umum, peningkatan yang terjadi cukup signifikan. Pada Pra Tindakan diperoleh hasil prosentase sebesar 39,2%, kemusian pada Siklus I meningkat menjadi 71,60%, dan pada Siklus II meningkat menjadi 84,70%. Dan yang ketiga, tanggapan siswa menunjukan bahwa metode Index Card Match ini baik digunakan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. dengan kategori setuju yaitu sebesar 70,65%. PB - PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA KW - peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran bahasa arab melalui metode index card match M1 - skripsi TI - PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII-C MTsN LAB UIN YOGYAKARTA, BANTUL AV - restricted ER -