<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN\r\nILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL\r\nPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT\r\nDIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYYAH\r\nNEGERI TEGALREJO SIDOREJO PONJONG GUNUNGKIDUL\r\nYOGYAKARTA\r\n"^^ . "Muchlas Abidin, Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran\r\nIlmu Pengetahuan Sosial (IPS) Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe\r\nStudent Team Achievment Division (STAD) Pada Siswa Kelas V Madrasah\r\nIbtidaiyyah Negeri I Tegalrejo Sidorejo Ponjong Gunungkidul Yogyakarta.\r\nSkripsi. Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah\r\nFakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012.\r\nLatar belakang masalah penelitian ini adalah prestasi dalam pembelajaran\r\nIPS menggunakan metode konvensional di kelas V Madrasah Ibtidaiyyah Negeri I\r\nTegalrejo Sidorejo Ponjong Gunungkidul Yogyakarta yang rendah. Hal ini\r\ndipengaruhi oleh keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar di kelas yang\r\nrendah pula, karena siswa bersifat pasif. Permasalahan yang dikaji dalam\r\npenelitian ini adalah: bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif STAD dan\r\nimplikasinya terhadap keaktifan siswa serta prestasi siswa dalam pelajaran IPS\r\nkelas V MIN I Tegalrejo Sidorejo Ponjong Gunungkidul Yogyakarta\r\nPenelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek\r\npenelitian adalah siswa kelas V\r\n.\r\nMIN I Tegalrejo Sidorejo Ponjong Gunungkidul\r\nYogyakarta\r\nHasil Penelitian : penerapan metode kooperatif ini dilaksanakan sebagai\r\ntindakan kelas melalui proses dua siklus, setiap siklus dua pertemuan dengan\r\ntahapan-tahapan kegiatan meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi,\r\nrefleksi tindakan dan revisi tindakan. Setiap siklus diakhiri dengan evaluasi dan\r\npemberian penghargaan terhadap kelompok maupun individu siswa yang\r\nmendapatkan nilai tertinggi, Sebelum pelaksanaan STAD siswa dibagi menjadi\r\nkelompok kecil dengan beranggotakan 6 orang. Kelompok kecil ini akan\r\ndirubah/rolling guna kesempurnaan siklus II. Penerapan metode kooperatif STAD\r\ndi MIN Ponjong berpengaruh terhadap keaktifan siswa. Artinya terjadi\r\npeningkatan keaktifan siswa pada saat menggunakan metode kooperatif STAD,\r\ndimana pada pra tindakan diperoleh nilai rata-rata keaktifan siswa sebesar 1.6,\r\npada siklus I diperoleh rata-rata 2.26 dan pada siklus II diperoleh rata-rata 2.35.\r\nPenggunaan metode kooperatif STAD dapat meningkatkan prestasi siswa, pada\r\npra tindakan diperoleh nilai rata-rata 59.6 dengan jumlah nilai yang tidak tuntas\r\nsebanyak 17 anak. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 78 dan pada siklus II\r\ndiperoleh nilai rata-rata 81.25 > dari nilai KKM, begitu pula nilai ketuntasan pada\r\nsiklus I dan II telah tercapai, yaitu pada siklus I sebanyak 21 anak dan pada siklus\r\nII sebanyak 22 anak dari jumlah siswa 24 anak.\r\n. Data yang dikumpulkan berupa data keaktifan siswa dan prestasi\r\nbelajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi kelas\r\nuntuk data keaktifan belajar siswa dan lembar soal pre test dan post test untuk\r\ndata prestasi belajar siswa. Analisis data keaktifan belajar siswa menggunakan\r\nanalisis kuantitatif deskriptif. Sedangkan untuk data prestasi belajar diperoleh dari\r\nnilai rata-rata tes dan prosentase ketuntasan siswa dalam evaluasi pra tindakan,\r\npre test dan post test pada siklus I dan siklus II\r\n________________\r\nKata kunci : Prestasi Belajar, Pembelajaran IPS, Student Team Achievment\r\nDivision (STAD)\r\n"^^ . "2012-08-03" . . . . "PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 08480044"^^ . "MUCHLAS ABIDIN"^^ . "NIM. 08480044 MUCHLAS ABIDIN"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN\r\nILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL\r\nPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT\r\nDIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYYAH\r\nNEGERI TEGALREJO SIDOREJO PONJONG GUNUNGKIDUL\r\nYOGYAKARTA\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN\r\nILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL\r\nPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT\r\nDIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYYAH\r\nNEGERI TEGALREJO SIDOREJO PONJONG GUNUNGKIDUL\r\nYOGYAKARTA\r\n (Text)"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN\r\nILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL\r\nPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT\r\nDIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYYAH\r\nNEGERI TEGALREJO SIDOREJO PONJONG GUNUNGKIDUL\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN\r\nILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL\r\nPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT\r\nDIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYYAH\r\nNEGERI TEGALREJO SIDOREJO PONJONG GUNUNGKIDUL\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN\r\nILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL\r\nPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT\r\nDIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYYAH\r\nNEGERI TEGALREJO SIDOREJO PONJONG GUNUNGKIDUL\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN\r\nILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL\r\nPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT\r\nDIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYYAH\r\nNEGERI TEGALREJO SIDOREJO PONJONG GUNUNGKIDUL\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN\r\nILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL\r\nPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT\r\nDIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYYAH\r\nNEGERI TEGALREJO SIDOREJO PONJONG GUNUNGKIDUL\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN\r\nILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL\r\nPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT\r\nDIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYYAH\r\nNEGERI TEGALREJO SIDOREJO PONJONG GUNUNGKIDUL\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN\r\nILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL\r\nPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT\r\nDIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYYAH\r\nNEGERI TEGALREJO SIDOREJO PONJONG GUNUNGKIDUL\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN\r\nILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL\r\nPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT\r\nDIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYYAH\r\nNEGERI TEGALREJO SIDOREJO PONJONG GUNUNGKIDUL\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #10149 \n\nUPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN \nILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL \nPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT \nDIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYYAH \nNEGERI TEGALREJO SIDOREJO PONJONG GUNUNGKIDUL \nYOGYAKARTA \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .