eprintid: 10153 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/01/01/53 datestamp: 2014-03-12 05:57:41 lastmod: 2017-04-10 06:38:48 status_changed: 2014-03-12 05:57:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUHAMMAD AMIQ EL HAQ, NIM. 08420170 title: PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI METODE MIND MAPPING DI KELAS X E MAN MAGUWOHARJO SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/2012 ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: mind mapping, pendidikan bahasa arab, metode pembelajaran abstract: MUHAMMAD AMIQ EL HAQ. Peningkatan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Metode Mind Mapping Di Kelas X E MAN Maguwoharjo Sleman Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya minat siswa ketika belajar di kelas, banyak kalangan pelajar menganggap belajar adalah aktivitas yang tidak menyenangkan hanya duduk berjam-jam dengan mencurahkan perhatian dan pikiran pada suatu pokok bahasan. Sama halnya dengan pembelajaran Bahasa Arab di MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta, hal ini disebabkan karena pembelajaran berlangsung secara monoton, dan tidak melibatkan siswa untuk terlibat aktif. Dan salah satu upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa adalah penerapan metode Mind Mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti, menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X E MAN Maguwoharjo Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati, sementara itu analisis kuantitatif digunakan untuk mendukung pendekatan kualitatif sehingga diperoleh data yang lebih komperhensif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan: pelaksanaan tindakan berlangsung selama tiga siklus dengan satu kali siklus dengan satu kali pertemuan untuk masingmasing siklus. Siklus I pembelajaran belum berjalan sesuai RPP, akan tetapi siswa sudah merasa senang dengan tindakan yang dilakukan. Siklus II peningkatan minat sudah terlihat dengan adanya partisipasi aktif dari siswa dalam pembelajaran. Siklus III minat sudah meningkat terlihat dari perbandingan hasil angket pra tindakan dan pasca tindakan baik secara individu maupun secara keseluruhan adapun prosentase peningkatan keseluruhan adalah sebesar 10,94 % . date: 2012-08-03 date_type: published institution: PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA department: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MUHAMMAD AMIQ EL HAQ, NIM. 08420170 (2012) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI METODE MIND MAPPING DI KELAS X E MAN MAGUWOHARJO SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10153/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10153/2/BAB%20II%2C%20III.pdf