%0 Thesis %9 Skripsi %A ARFIE BAYU SANTOSO, NIM. 07410205 %B UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %D 2012 %F digilib:10156 %I PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA %K peningkatan baca al-qur'an %T METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MTS NEGERI GALUR KULONPROGO YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10156/ %X Arfie Bayu Santoso. “Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di MTs Negeri Galur Kulonprogo”. Skripsi ini berupaya menyajikan model metode tutor sebaya yang dikembangkan oleh stakeholders MTs Negeri Galur Kulonprogo dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di MTs Negeri Galur Kulonprogo. Penelitian ini merupakan penelitia lapangan (field reasearch), yang bersifat kualitatif. Adapun penelitian menggunakan sumber data primer dan skunder, dengan perolehan data melalui mekanisme wawancara, observasi, dan dokumentasi data. Rangkaian data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pada tahapan akhir pemeriksaan keabsahan data disinergikan dengan teknik validasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode tutor sebaya yang diterapkan dalam kegiatan peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an di MTs Negeri Galur Kulonprogo, meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian kegiatan, dan evaluasi kegiatan. Dalam perencanan program peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an, pada tujuan jangka pendek siswa siswi MTs Negeri Galur Kulonprogo diharapkan dapat memiliki ketrampilan membaca permulaan (dasar), sedangkan pada jangka panjang menjadikan anak didik sebagai insan kamil, berbakti pada orang tua, dapat berguna bagi agama, nusa dan bangsa. Sedangkan penerapan metode tutor sebaya yang ada di madrasah menggunakan satu model pembelajaran tutorial, yaitu berdasarkan teori yang diungkapkan Branly metode yang digunakan di MTs Negeri Galur Kulonprogo adalan model student to student pola 1. Pencapaian program peningkatan membaca Al-Qur’an di MTs Negeri Galur Kulonprogo sampai saat ini cukup optimal. Hal ini ditunjukkan dengan indikator peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa-siswi MTs Negeri Galur Kulonprogo. Indikator tersebut tercermin dari tujuan serta hal-hal yang dikuasai siswa dalam membaca permulaan. Faktor yang mendukung dalam penerapan metode tutor sebaya di MTs Negeri Galur Kulonprogo meliputi: efektifitas pelaksanaan, peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa, terpenuhinya kekurangan tenaga pengajar Al- Qur’an, dan dorongan orang tua atau wali murid. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah kedisiplinan siswa, konsistensi pelaksanaan kegiatan, kualitas tutor (standarisasi tutor), evaluasi siswa.