TY - THES ID - digilib10164 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10164/ A1 - ATIN NURYANTINI, NIM. 08420059 Y1 - 2012/08/05/ N2 - Atin Nuryantini. Analisis Kontrastif Antara Fonem Bahasa Arab dan Bahasa Sunda Serta Implikasinya Dalam Pengajaran Bahasa Arab. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Setiap bahasa memiliki fonem yang berbeda antara satu sama lainnya, begitupun antara bahasa Arab dan bahasa Sunda. Perbedaan fonem ini sering sekali menimbulkan interferensi di dalam pembelajaran bahasa Arab bagi siswa Sunda, yang menimbulkan kesalahan dalam berbahasa. Penelitian ini difokuskan pada fonem vokal dan konsonan dalam bahasa Arab dan bahasa Sunda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fonem bahasa Arab dan bahasa Sunda, menganalisis persamaan dan perbedaannya serta mengetahui implikasinya dalam pengajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan sebuah analisis kontrastif berbahasa yang menggunakan beberapa langkah, yaitu mendeskripsikan fonem bahasa Arab dan bahasa Sunda, membandingkan sistem fonemis kedua bahasa tersebut, memprediksi kesulitan yang dilakukan siswa Sunda dalam belajar bahasa Arab, mengurutkan bahan pengajaran dan terakhir menentukan cara untuk penyampaian bahan pengajaran tersebut. Dari hasil penelitian diketahui bahwa vokal bahasa Arab ada enam yang terbagi ke dalam vokal pendek dan vokal panjang. Vokal pendek terdiri dari a,i,u dan vokal panjang terdiri dari ?, ?, dan ?. Sementara vokal bahasa Sunda ada tujuh, yaitu a, i, u, é, e, eu dan o. Dari kedua fonem vokal bahasa Arab dan bahasa Sunda memiliki kesamaan yang cukup besar, bedanya hanya dalam vokal panjangnya, dimana dalam bahasa Sunda tidak ada vokal panjang. Untuk konsonan dalam bahasa Arab ada dua puluh delapan yaitu: ? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ? dan konsonan dalam bahasa Sunda ada delapan belas, yaitu: b, c, d, g, h, j, k, l, m, n, ny, ng, p, r, s, t, w dan y. Konsonan bahasa Arab yang berbeda dengan bahasa Sunda adalah ?? ?? ? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ?? ? , dan yang lainnya sama. Dari perbedaan ini diprediksikan siswa Sunda akan mengalami kesulitan ataupun kesalahan dalam mengucapkan fonem yang berbeda itu. Berdasarkan perbandingan ini, maka pengajaran fonem bahasa Arab bagi siswa Sunda dimulai dari fonem-fonem yang memiliki kesamaan dan dilanjutkan ke fonem yang memiliki perbedaan. Adapun metode yang bisa digunakan dalam penyampaian bahan pengajaran ini adalah metode alpabetik, metode fonetik dan metode kedwibahasaan. Implikasi analisis kontrastif ini dalam pengajaran bahasa Arab diantaranya: penggunaan bahasa ibu sebagai mediator dalam pengajaran bahasa Arab, bahan pengajaran disusun berdasarkan hasil perbandingan, butir-butir yang berbeda antara B1 dan B2 dilatih secara intensif. PB - PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA KW - fonem KW - bahasa arab KW - bahasa sunda M1 - skripsi TI - ANALISIS KONTRASTIF ANTARA FONEM BAHASA ARAB DAN BAHASA SUNDA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB AV - restricted ER -