relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10169/ title: PANDANGAN LIMA DOSEN WANITA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURURAN UIN SUNAN KALIJAGA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANAK creator: NGIZZATI WALNGADOMAH AS, NIM. 08410136 subject: Pendidikan Agama Islam description: NGIZZATI WALNGADOMAH AS. Pandangan Lima Dosen Wanita Fakultas Tarbiyah dan Keguruan terhadap Pendidikan Akhlak pada Anak. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang pandangan dosen wanita terhadap pendidikan akhlak pada anak. Penelitian ini menarik untuk dikaji karena subjek yang diteliti adalah para dosen-dosen wanita Fakultas Tarbiyah UIN Suka YK. Pendidikan akhlak pada anak masa di mana yang paling penting dalam kehidupan manusia. Masa ini merupakan tahap awal bagi proses pertumbuhan seorang anak untuk menjadi manusia dewasa. Semenjak kecil anakanak perlu belajar tentang hubungan antar manusia, anak perlu belajar tentang orang lain, kekurangan maupun kelebihannya. Padanya perlu diberi pengertian bahwa untuk menjadi baik, tak perlu ia mencontoh kebaikan orang lain. Yang lebih dari itu adalah menyadari keadaan dirinya sendiri. Di samping itu, ia perlu diarahkan supaya tetap teguh pada pendiriannya serta prinsip-prinsip yang diyakininya. Adapun rumusan masalahnya ada tiga, yaitu: bagaimana pandangan Dosen wanita terhadap pendidikan akhlak pada anak? apa alasan yang melatar belakangi pandangan Dosen terhadap pendidikan akhlak pada anak? menurut pandangan dosen wanita, apa saja yang menjadi hambatan pendidikan akhlak pada anak? Hasil dari penelitian ini diharapkan akan menjadi referensi baik itu untuk para mahasiswa, dosen itu sendiri atau kalangan umum mengenai pendidikan akhlak pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang menggunakan pendekatan fenomenologi, dengan mengambil subjek penelitian lima Dosen wanita fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pandangan Dosen wanita mengenai Pendidikan akhlak untuk anak adalah suatu pendidikan di mana akhlak sebagai landasan/fondasi paling utama dalam kehidupan karena pendidikan akhlak juga sebagai dasar kualitas kehidupan seseorang dan di kehidupan selanjutnya. (2) Alasan mereka berpendapat penting adalah karena dengan pendidikan akhlak, anak akan tahu dan berperilaku yang sesuai di manapun ia berada, pendidikan akhlak yang dimaksud bukan hanya memberikan pengetahuan kepada anak mengenai pendidikan akhlak, namun daripada itu yang terpenting adalah memberikan contoh pendidikan akhlak itu sendiri kepada anak. (3) Hambatan pendidikan akhlak pada anak adalah adanya faktor internal yaitu keluarga, orang tua, kasih sayang orang tua, kurangnya pengetahuan dari orang tua dalam menanamkan pendidikan akhlak pada anak, sedangkan faktor eksternal sebagai penghambat adalah metode yang digunakan atau pendekatan yang digunakan, orang ke-tiga, dukungan masyarakat dan pemerintah yang dianggap kurang. Selain itu, faktor eksternal yang lain adalah teman sebaya, pengaruh media seperti TV. date: 2012-08-03 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10169/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10169/2/BAB%20II%2C%20III.pdf format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10169/5/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10169/6/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10169/7/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10169/8/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10169/9/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10169/10/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10169/11/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10169/12/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10169/15/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10169/16/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10169/17/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10169/18/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10169/19/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10169/20/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10169/21/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10169/22/small.jpg identifier: NGIZZATI WALNGADOMAH AS, NIM. 08410136 (2012) PANDANGAN LIMA DOSEN WANITA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURURAN UIN SUNAN KALIJAGA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANAK. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.