eprintid: 10172 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/01/01/72 datestamp: 2014-03-12 08:55:52 lastmod: 2017-01-19 06:56:26 status_changed: 2014-03-12 08:55:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NOFICA ANDRIYANI, NIM. 08480007 title: PENDIDIKAN TANPA SEKOLAH (DESKRIPTIF ANALISIS SISTEM PENDIDIKAN PADA KELOMPOK BELAJAR QARYAH THAYYIBAH) ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: deskriptif analisys, pendidikan, qaryah thayyibah abstract: NOFICA ANDRIYATI. Pendidikan Tanpa Sekolah (Deskriptif Analisis Sistem Pendidikan Pada Kelompok Belajar Qaryah Thayyibah). Skripsi. Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Sistem pendidikan yang berlaku pada pendidikan formal yaitu sekolah pada umumnya adalah sistem pendidikan yang bersifat Top Dwon, dimana pendidikan siswa ditentukan oleh kurikulum yang ditetapkan oleh pihak pemerintah maupun pihak sekolah. Hal seperti ini disisi lain membatasi ruang gerak siswa. Untuk itu kelompok belajar Qaryah Thayyibah yang terletak di desa Kalibening Kecamatan Tingkir Kota Salatiga, mencoba merekontruksi sistem pendidikan dengan memberikan tawaran baru di dunia pendidikan Indonesia, dengan tujuan mengembalikan hakikat pendidikan yang membebaskan, memerdekakan, memberi ruang sepenuhnya kepada peserta didik, memberikan daya nalar yang kritis, kreatif, inovatif, ikhlas, dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis system pendidikan pada kelompok belajar Qaryah Thayyibah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan, dengan metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan deskriptif komparatif, yaitu pendekatan yang berusaha mendeskripsikan sistem pendidikan pada kelompok belajar Qaryah Thayyibah yang kemudian dikomparasikan dengan sistem pendidikan formal (sekolah). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kurikulum yang digunakan pada pendidikan kelompok belajar Qaryah Thayyibah menggunakan kurikulum berbasis kebutuhan (Bottom Up), dimana pendidikan menitik beratkan pada apa yang dibutuhkan siswa. (2) Dasar utama dan tujuan pendidikan adalah pendidikan berbasis masyarakat di mana institusi pendidikan yang didirikan atas prakarsa masyarakat kelurahan Kalibening dengan tujuan terwujudnya desa yang berdaya. (3) Konsep pendidikan menggunakan konsep pembebasan, siswa dibebaskan untuk belajar apapun, kapanpun, dimanapun, dan dengan siapapun. (4) Dalam pelaksanaan pendidikan, hampir sama dengan sekolah pada umumnya yang membedakan adalah siswa tidak berkewajiban untuk belajar di (Kelompok Belajar Qaryah Thayyibah) KBQT pada setiap harinya atau datang setiap hari. Semua mengutamakan pada kebutuhan siswa. date: 2012-08-03 date_type: published institution: PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS TARBIYAH thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NOFICA ANDRIYANI, NIM. 08480007 (2012) PENDIDIKAN TANPA SEKOLAH (DESKRIPTIF ANALISIS SISTEM PENDIDIKAN PADA KELOMPOK BELAJAR QARYAH THAYYIBAH). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10172/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10172/2/BAB%20II%2C%20III.pdf