eprintid: 10183 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/01/01/83 datestamp: 2014-03-12 08:56:09 lastmod: 2017-04-12 02:35:05 status_changed: 2014-03-12 08:56:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NUR AINI MUZAKKIYAH, NIM. 08420065 title: PENGGUNAAN METODE IMLA UNTUK PENINGKATAN MAHARAH AL-KITABAH SISWA KELAS VII MTs NEGERI LAB UIN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: metode imla, maharah al kitabah, pendidikan bahasa arab abstract: NUR AINI MUZAKKIYAH. Penggunaan Metode Imla untuk Peningkatan Maharah al-Kitabah Siswa Kelas VII MTs Negeri Lab UIN Yogyakarta.Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment dengan menggunakan metode imla. Diasumsikan ada perbedaan yang signifikan, sebagaimana dirumuskan dalam hipotesis penelitian bahwa ada perbedaan yang signifikan antara peningkatan kemahiran kitabah bagi kelas yang diberi treatment dan kelas yang tidak diberi treatment dengan menggunakan metode imla. Sampel yang diambil oleh peneliti berjumlah 72 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen,observasi, interview, dokumentasi, tes dan angket. Berdasarkan perhitungan dari hasil belajar materi kitabah siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan metode imla,diperoleh nilai t sebesar ٦،٣٧. Angka ini lebih besar dari pada nilai t tabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1% (1,98<٦،٣٧>2,63). Ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar materi kitabah siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan treatment dengan menggunakan metode imla. Sedangkan perhitungan dari hasil belajar materi kitabah siswa yang menggunakan metode imla dan siswa yang tidak menggunakan metode imla, diperoleh t sebesar 5,02. Angka ini lebih besar dari pada t tabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1% (2,00<5,02>2,65). Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara peningkatan kemahiran kitabah bagi kelas yang diberi treatment (kelompok eksperimen) dan kelas yang tidak diberi treatment (kelompok kontrol) dengan menggunakan metode imla. Kesimpulannya adalah: 1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi treatment dengan menggunakan metode imla. 2) Ada perbedaan yang signifikan antara peningkatan kemahiran kitabah bagi kelas yang diberi treatment dan kelas yang tidak diberi treatment dengan menggunakan metode imla. date: 2012-08-03 date_type: published institution: PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS TARBIYAH thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NUR AINI MUZAKKIYAH, NIM. 08420065 (2012) PENGGUNAAN METODE IMLA UNTUK PENINGKATAN MAHARAH AL-KITABAH SISWA KELAS VII MTs NEGERI LAB UIN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10183/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10183/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf