eprintid: 10187 rev_number: 32 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/01/01/87 datestamp: 2014-03-12 06:03:50 lastmod: 2017-03-24 03:23:16 status_changed: 2014-03-12 06:03:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: DIAN MUTIARASARI, NIM. 08470051 title: KOMPARASI PEMBELAJARAN PAI PADA KELAS RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) DENGAN KELAS AKSELERASI DI SMP N 5 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012 ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: komparasi pebelajaran PAI abstract: Dian Mutiarasari. Komparasi Pembelajaran PAI pada Kelas Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dengan Kelas Akselerasi di SMP N 5 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2012 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pembelajaran PAI di SMP N 5 Yogyakarta serta untuk membandingkan proses pelaksanaan pembelajaran PAI di kelas RSBI dan kelas akselerasi hingga dapat ditemukan problematika didalamnya untuk kemudian diberikan solusi guna perbaikan pembelajaran dalam rangka menciptakan efektifitas pembelajaran PAI pada kelas RSBI dan kelas akselerasi di SMP N 5 Yogyakarta. Dan diharapkan hasilnya dapat digunakan sebagai bahan untuk meningkatkan kualitas output peserta didik serta daya saing sekolah. Adanya penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya era globalisasi yang menuntut masyarakat dan pemerintah untuk berlomba-lomba dan bekerja sama untuk memperbaiki mutu pendidikan dengan penyelenggaraan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional yang diharapkan dapat menciptakan generasi muda yang dapat bersaing di pasar bebas. Disamping itu pemerintah juga menyadari bahwa anak yang memiliki kelebihan khusus, yaitu mereka yang memiliki kemampuan diatas rata-rata berhak mendapatkan wadah dan pelayanan khusus guna mengembangkan bakat yang mereka miliki guna peningkatan dan pengembangan kualitas diri untuk menghadapi tuntutan masa depan dengan berbekal akhlak dan ilmu agama yang lurus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Dan termasuk penelitian kualitatif deskriptif, penyajian data hasil penelitiannya dipaparkan dalam bentuk uraian deskripsi. Sedangkan metode pengumpulan data yang dipakai adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, konsep pembelajaran PAI di SMP N 5 Yogyakarta mengacu pada landasan dan tujuan pembelajaran PAI serta penggunaan kurikulum KTSP dalam pembelajarannya. Kedua, perbandingan yang paling jelas terlihat dalam proses pelaksanaan pembelajaran PAI di kelas RSBI dan kelas Akselerasi adalah dalam hal waktu pelaksanaan pembelajaran yang lebih pendek untuk kelas Akselerasi. Sedangkan perbedaan lain dapat dilihat dari segi proses, metode dan evaluasi pembelajaran. Proses pembelajaran PAI di kelas RSBI dalam rangka menyampaikan materi dengan target mencetak lulusan yang bertaraf internasional, sedangkan proses pembelajaran PAI pada kelas Akselerasi dalam rangka menyampaikan materi dengan target materi yang relative banyak agar dapat disampaikan dengan waktu yang relative pendek. Metode pembelajaran PAI pada kelas RSBI lebih bervariasi, sedangkan metode pembelajaran untuk kelas Akselerasi tidak begitu bervariasi. Evaluasi usai pembelajaran pada kelas RSBI untuk mengukur tingkat pemahaman materi peserta didik dan seberapa berhasil guru dalam menyampaikan materi, sedangkan evaluasi usai pembelajaran PAI pada kelas Akselerasi hanya untuk memperoleh feedback dan sebagai pengulangan. Ketiga, problematika dalam pembelajaran PAI pada kelas RSBI dan kelas Akselerasi serta solusinya hampir sama, yang membedakan hanya pada masalah waktu. date: 2012-08-05 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: DIAN MUTIARASARI, NIM. 08470051 (2012) KOMPARASI PEMBELAJARAN PAI PADA KELAS RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) DENGAN KELAS AKSELERASI DI SMP N 5 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10187/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10187/1/BAB%20II%2C%20III.pdf