<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA\r\nPEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN\r\nPARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n"^^ . "NURLAILA. Penerapan metode Active Knowledge Sharing dalam pembelajaran Al Qur’an\r\nHadits untuk meningkatkan minat dan partisipasi belajar siswa Kelas VII A MTs Wahid\r\nHasyim Yogyakarta. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan\r\nKeguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012.\r\nLatar belakang masalah penelitian ini adalah krisisnya minat dan partisipasi siswa\r\nterhadap pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Dengan adanya minat dan partisipasi, konsentrasi\r\nbelajar akan mudah dilakukan dan materi mudah dipahami. Minat dan partisipasi belajar\r\nsiswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VII A MTs Wahid Hasyim Yogyakarta\r\nmasih tergolong rendah, hal ini disebabkan oleh kurang bervariasinya pembelajaran yang\r\ndilakukan. Guru menggunakan metode pembelajaran yang konvensional yang kurang\r\nmelibatkan peran siswa dalam pembelajaran sehingga siswa kurang merespon materi yang\r\ndisampaikan oleh guru dan terkesan meremehkan, akibatnya siswa bosan dan kurang\r\nbersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu perlu diadakannya penelitian\r\nuntuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran yang\r\ndapat meningkatkan minat dan partisipasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian\r\nTindakan Kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Active Knowledge\r\nSharing dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits dan meningkatkan minat dan partisipsi siswa\r\nkelas VII A setelah metode tersebut diterapkan.\r\nPenelitian ini bersifat kualitatif, dengan mengambil latar MTs Wahid Hasyim\r\nYogyakarta. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus tindakan. Pengumpulan data dilakukan\r\ndengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan\r\nmakna terhadap data yang berhasil dikumpulkan yakni makna dan proses pembelajaran\r\nsebagai upaya meningkatkan minat dan partisipasi siswa melalui tindakan yang dilakukan,\r\ndan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Dalam penelitian ini menggunakan statistik\r\nsederhana untuk membantu mengungkap data. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan\r\nmengadakan triangulasi. Triangulasi dilakukan dengan membandingkan data hasil observasi,\r\ncatatan lapangan antar pengamat, wawancara, dan dokumentasi. Adapun urutan kegiatan\r\npenelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi\r\nHasil penelitian menunjukkan: 1). Minat dan partisipasi belajar siswa dalam\r\npembelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VII A di MTs Wahid Hasyim sebelum\r\npelaksanaan tindakan terlihat masih rendah. 2) Penerapan metode Active Knoledge Sharing\r\ndalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VII A MTs Wahid hasyim dilaksanakan\r\ndalam tiga siklus yang setiap siklus terdiri dari dua jam pelajaran satu kali pertemuan. Dalam\r\npelaksanaan dengan menggunakan metode Active Knowledge Sharing ini berjalan dengan\r\nlancar. 3) Adanya peningkatan minat dan partisipasi belajar siswa terlihat pada antusias siswa\r\nyang bersemangat dalam mengikuti pelajaran dan berkompetisi, merespon dan\r\nmemperhatikan penjelasan guru, bertanya bila mengalami kesulitan, menjaga ketenangan saat\r\npelajaran berlangsung, menjawab pertanyaan dari guru, mau berdiskusi dengan baik, mau\r\nmempresentasikan hasil diskusi kelompok, dan mendengarkan hasil pengamatan dari\r\nkelompok lain. Secara keseluruhan peningkatan terjadi cukup baik, pada aspek minat siswa\r\npada observasi awal sebelum tindakan memiliki nilai rata-rata 1,6 (rendah), kemudian pada\r\nsiklus I 1,7 (sedang), siklus II sebesar 2,1 (sedang), siklus III sebesar 2,8 (tinggi). Sedangkan\r\npada aspek partisipasi hasil observasi pra tindakan memiliki nilai rata-rata 1,5 (rendah),\r\nkemudian pada siklus I sebesar 1,7 (sedang), siklus II sebesar 2,5 (sedang), dan siklus III\r\nsebesar 2,7 (tinggi).\r\n"^^ . "2012-08-03" . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . "PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS TARBIYAH, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 07410033"^^ . "NURLAILA"^^ . "NIM. 07410033 NURLAILA"^^ . . . . . . "PENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA\r\nPEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN\r\nPARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA\r\nPEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN\r\nPARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n (Text)"^^ . . . "PENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA\r\nPEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN\r\nPARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . "PENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA\r\nPEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN\r\nPARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . "PENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA\r\nPEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN\r\nPARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . "PENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA\r\nPEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN\r\nPARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . "PENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA\r\nPEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN\r\nPARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . "PENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA\r\nPEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN\r\nPARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . "PENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA\r\nPEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN\r\nPARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . "PENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA\r\nPEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN\r\nPARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . "PENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA\r\nPEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN\r\nPARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . "PENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA\r\nPEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN\r\nPARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . "PENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA\r\nPEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN\r\nPARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . "PENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA\r\nPEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN\r\nPARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . "PENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA\r\nPEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN\r\nPARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . "PENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA\r\nPEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN\r\nPARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . "PENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA\r\nPEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN\r\nPARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . "PENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA\r\nPEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN\r\nPARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . "PENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA\r\nPEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN\r\nPARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA\r\nPEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN\r\nPARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA\r\nPEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN\r\nPARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA\r\nPEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN\r\nPARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA\r\nPEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN\r\nPARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA\r\nPEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN\r\nPARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA\r\nPEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN\r\nPARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA\r\nPEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN\r\nPARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs WAHID HASYIM\r\nYOGYAKARTA\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #10197 \n\nPENERAPAN METODE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA \nPEMBELAJARAN AL-QURAN HADITS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN \nPARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII A MTs WAHID HASYIM \nYOGYAKARTA \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .