<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR\r\nSEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS V\r\nMADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II\r\nMELALUI STRATEGI ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN)\r\n"^^ . "NUTHVIANI KUSUMAWARDHANI. “Upaya Meningkatkan Prestasi\r\nBelajar Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah\r\nNegeri Yogyakarta II Melalui Strategi Role Playing (Bermain Peran)”. Skripsi.\r\nYogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta\r\n2012.\r\nLatar belakang masalah penelitian ini adalah prestasi belajar siswa kelas V\r\nMIN Yogyakarta II dalam mata pelajaran SKI masih kurang memuaskan. Banyak\r\nsiswa yang masih memperoleh nilai di bawah KKM. Salah satu penyababnya\r\nyaitu model pembelajaran yang diterapkan guru masih konvensional. Strategi\r\npembelajaran role playing (bermain peran) menjadi salah satu strategi yang dapat\r\ndigunakan guru untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam memainkan\r\nperan untuk memahami dan mengetahui materi pelajaran SKI. Penelitian ini\r\nbertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penerapan strategi role playing (bermain\r\nperan) dalam meningkatkan prestasi belajar SKI siswa kelas V MIN Yogyakarta\r\nII, dan seberapa besar peningkatan prestasi belajar siswa kelas V MIN Yogyakarta\r\nII setelah menggunakan strategi role playing (bermain peran). Hasil penelitian ini\r\ndiharapkan dapat memberikan sumbangan bagi lembaga pendidikan tersebut\r\ndalam memperbaiki proses pembelajaran sehingga prestasi belajar SKI dapat\r\nditingkatkan melalui strategi role playing (bermain peran) pada siswa kelas V\r\nMIN Yogyakarta II.\r\nPenelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana subjek\r\npenelitiannya siswa kelas V MIN Yogyakarta II tahun ajaran 2011/2012 yang\r\nberjumlah 31 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi,\r\nwawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisa data meliputi reduksi\r\ndata, display data, dan penarikan kesimpulan.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran SKI di kelas V MIN\r\nYogyakarta II melalui strategi role playing (bermain peran) dilaksanakan dalam\r\ndua siklus. Dalam pelaksanaan, perwakilan siswa bertindak sebagai pemeran dan\r\nsiswa yang lain menjadi pengamat jalannya role playing (bermain peran). Siswa\r\ndapat menjalankan tugasnya dengan baik. Berdasarkan hasil pengamatan selama\r\nproses pembelajaran menunjukkan para siswa dapat mengeksplorasi perasaan,\r\nsikap, nilai, dan berbagai strategi pemecahan masalah sesuai teori role playing\r\nsudah sepenuhnya tampak; 2) Terjadi peningkatan prestasi belajar SKI siswa kelas\r\nV MIN Yogyakarta II setelah menggunakan strategi role playing (bermain peran).\r\nData awal yang diperoleh sebelum dilaksanakan tindakan yaitu rata-rata kelas\r\nmencapai 54,67 dengan kategori cukup dan ketuntasan klasikal 25% dengan\r\nkategori sangat kurang. Pada siklus I rata-rata kelas meningkat menjadi 71,30\r\ndengan kategori baik dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 50% dengan\r\nkategori sangat kurang. Pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 80,49\r\ndengan kategori baik dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 82,14% dengan\r\nkategori baik. Dengan demikian, prestasi belajar SKI siswa kelas V MIN\r\nYogyakarta II setelah menggunakan strategi role playing (bermain peran)\r\nmeningkat sebesar 21,23.\r\nKeyword: Prestasi Belajar SKI, Strategi Role Playing (Bermain Peran)\r\n"^^ . "2012-08-03" . . . . "PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS TARBIYAH, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 08480024"^^ . "NUTHVIANI KUSUMAWARDHANI"^^ . "NIM. 08480024 NUTHVIANI KUSUMAWARDHANI"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR\r\nSEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS V\r\nMADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II\r\nMELALUI STRATEGI ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN)\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR\r\nSEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS V\r\nMADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II\r\nMELALUI STRATEGI ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN)\r\n (Text)"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR\r\nSEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS V\r\nMADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II\r\nMELALUI STRATEGI ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR\r\nSEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS V\r\nMADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II\r\nMELALUI STRATEGI ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR\r\nSEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS V\r\nMADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II\r\nMELALUI STRATEGI ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR\r\nSEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS V\r\nMADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II\r\nMELALUI STRATEGI ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR\r\nSEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS V\r\nMADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II\r\nMELALUI STRATEGI ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR\r\nSEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS V\r\nMADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II\r\nMELALUI STRATEGI ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR\r\nSEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS V\r\nMADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II\r\nMELALUI STRATEGI ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN)\r\n (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR\r\nSEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS V\r\nMADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II\r\nMELALUI STRATEGI ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN)\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #10200 \n\nUPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR \nSEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS V \nMADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI YOGYAKARTA II \nMELALUI STRATEGI ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .