eprintid: 10210 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/01/02/10 datestamp: 2014-02-05 07:35:44 lastmod: 2014-02-05 07:35:44 status_changed: 2014-02-05 07:35:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RIRIN KARINA, NIM . 09470072 title: STUDI KOMPARASI PENDIDIKAN HUMANISTIK KI HADJAR DEWANTARA DAN KH ABDURRAHMAN WAHID ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Humanistik note: Pembimbing: Prof. Dr. Abd. Rachman Assegaf, M.Ag. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep Pendidikan Humanistik studi komparasi Ki Hadjar Dewantara dan KH Abdurrahman Wahid. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang bersifat deskriptif-analitis, dengan menggunakan metode dokumentasi, serta dianalisis secara kritis-komparatif, Metode ini digunakan untuk mengetahui pemikiran pendidikan humanistik Ki Hadjar Dewantara dan KH Abdurrahman Wahid, perbedaan dan persamaan keduanya, serta seberapa jauh pendidikan humanistik memiliki relevansi dengan pendidikan Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan, adanya proses pendidikan yang didasarkan pada pemahaman bahwa manusia adalah makhluk yang memiliki potensi. Dengan adanya potensi tersebut manusia dapat mengembangan potensi tersebut agar bermanfaat bagi manusia. Tujuan dari pendidikan ialah mengarahkan potensi yang dimiliki setiap manusia sebagai pedoman dalam hidupnya. Konsep dari kedua tokoh ini memiliki persamaan dan perbedaan antara pemikiran pendidikan humanistik Ki Hadjar Dewantara dan KH Abdurrahman Wahid. Adapun persamaan nya ialah : (1) Sama-sama memandang pendidik sebagai seseorang yang mempunyai kemampuan untuk memberi arahan atau tuntunan, dan juga memandang pembelajaran adalah sebuah proses untuk mencapai skill, bukan sekedar transfer ilmu dari guru ke murid. (2) Kedua tokoh ini sama-sama mempunyai peran yang sama dalam dunia pendidikan yang mempunyai tujuan untuk menjadikan sebagai sarana untuk memberikan eksistensi kepada manusia agar mereka dapat berperan aktif dalam kehidupannya sebagai manusia yang mandiri dan manusia yang merdeka. Sedangkan perbedaannya : Ki Hadjar Dewantara pengangkatan manusia ke taraf insani. Di dalam mendidik ada pembelajaran yang merupakan komunikasi eksistensi manusiawi yang otentik kepada manusia, untuk dimiliki,dilanjutkan dan disempurnakan. KH Abdurrahman wahid dikenal sebagai sosok yang memperlihatkan perhatiannya terhadap perubahan mendasar pada, keyakinannya akan nilai-nilai fundamental islam yang pluralis, humanis yang menjunjung tinggi nilai kemanusian dan keadilan serta persamaan. Beberapa nilai yang menjadi titik tekan dari pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan KH Abdurrahman Wahid yang bisa dihubungkan ke dalam pendidikan Islam yaitu: Pertama nilai-nilai kemanusiaan, yaitu bahwa manusia sebenarnya mempunyai potensi untuk berkembang dan berubah. Kedua, nilai persamaan atau kesetaraan, yakni proses pendidikan seharusnya memberikan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam pendidikan. Kata Kunci : Pendidikan Humanistik date: 2013-08-21 date_type: published pages: 131 institution: PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA department: FAK. TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: RIRIN KARINA, NIM . 09470072 (2013) STUDI KOMPARASI PENDIDIKAN HUMANISTIK KI HADJAR DEWANTARA DAN KH ABDURRAHMAN WAHID. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10210/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10210/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10210/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10210/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10210/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10210/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10210/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10210/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10210/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10210/10/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10210/15/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10210/16/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10210/17/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10210/18/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10210/19/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10210/20/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10210/21/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10210/22/small.jpg