eprintid: 10213 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/01/02/13 datestamp: 2014-03-12 08:57:22 lastmod: 2017-01-23 03:21:05 status_changed: 2014-03-12 08:57:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RATIH PAMUKTISARI, NIM. 08480089 title: UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL KELAS IV MI MA’HAD ISLAMY KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012 ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Motivasi, Prestasi Belajar, dan Pendekatan Kontekstual abstract: Ratih Pamuktisari. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Matematika melalui Pendekatan Kontekstual Kelas IV MI Ma’had Islamy Kotagede Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru mata pelajaran matematika kelas IV MI Ma’had Islamy kurang dapat meningkatkan motivasi siswa. Rendahnya motivasi mengakibatkan rendahnya prestasi belajar siswa. Hasil Ulangan Tengah Semester Genap menunjukkan bahwa persentase ketuntasan siswa hanya sebesar 15, 78%. Perbaikan mutu dalam proses pembelajaran diperlukan untuk dapat meningkatkan motivasi siswa dengan memperhatikan tahap perkembangan kognitif siswa kelas IV yaitu dalam tahap operasional konkret, dimana pada tahap ini dibutuhkan benda konkret untuk mempermudah proses pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman konkret adalah pendekatan kontekstual yang melibatkan benda atau lingkungan sekitar dalam pengajaran sehingga materi tersebut dapat bermakna dalam kehidupan siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pendekatan kontekstual dan bagaimana peningkatan motivasi juga prestasi belajar siswa setelah digunakannya pendekatan kontekstual. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bersifat kualitatif dengan dua siklus setiap siklus terdiri dari dua pertemuan menggunakan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran matematika pada kelas IV MI Ma’had Islamy mata pelajaran matematika dengan mengambil data observasi, angket, wawancara, dokumentasi, dan test. Analisis data dengan melihat proses setiap pertemuan yang mencakup (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi digunakan untuk menilai tingkat motivasi dan prestasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV MI Ma’had Islamy dengan pendekatan kontekstual. Peningkatan persentase motivasi belajar siswa meningkat pada siklus I menjadi 79%, dan terus meningkat pada siklus II sebesar 84%, sedangkan nilai persentase belajar siswa mengalami peningkat pada siklus I sebesar 33, 33% menjadi 75% pada siklus II. Kata Kunci: Motivasi, Prestasi Belajar, dan Pendekatan Kontekstual date: 2012-08-03 date_type: published institution: PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS TARBIYAH thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: RATIH PAMUKTISARI, NIM. 08480089 (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL KELAS IV MI MA’HAD ISLAMY KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10213/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10213/2/BAB%20II%2C%20III.pdf