TY - THES ID - digilib10217 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10217/ A1 - DWI REFININGSIH, NIM. 08410052 Y1 - 2012/08/04/ N2 - DWI REFININGSIH. Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas X di MAN Pakem Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa guru mempunyai peran yang penting dalam pendidikan, Peran guru sangat besar kontribusinya dalam pelaksanaan proses pembelajaran, setidaknya akan membentuk sikap siswa dalam belajar, dan bagi guru sendiri sebagai alat untuk mencapai tujuan pelajaran. Akan tetapi kini guru hanya dipahami sebagai tenaga pengajar (transfer of knowledge) semata sementara peran-peran yang lain agaknya tercampakkan. Di MAN Pakem Sleman Yogyakarta kebanyakan siswa berasal dari sekolah umum (SMP) di bandingkan dari pendidikan agama (MTs) secara otomatis ini menunjukan tingkat pemahaman dan penguasaan PAI yang berbeda-beda, perbedaan tersebut akan memunculkan kesenjangan yang mencolok antara siswa yang berasal dari MTs dengan siswa yang berasal dari SMP. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana peran guru PAI dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas X di MAN Pakem Sleman Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang peran guru PAI dan faktor yang mendukung dan menghambat peran guru PAI dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar PAI siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pemikiran akan pentingnya peranan guru dalam pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MAN Pakem Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik atau metode. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Peran guru PAI di MAN Pakem Sleman Yogyakarta dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas X secara umum baik meskipun belum maksimal. Peran guru PAI yang lebih dominan adalah peran guru PAI sebagai pengajar, pembimbing, partisipan, dan motivator. (2) Faktor pendukung guru PAI dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar PAI siswa kelas X antara lain adanya tanggung jawab dari guru PAI, minat siswa terhadap mata pelajaran PAI, lingkungan sekolah dan dukungan dari pihak sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keadaan siswa yang masih labil, keadaan lingkungan siswa yang berbeda-beda dan sarana prasarana yang kurang mendukung. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - peran guru KW - peningkatan minat KW - prestasi belajar M1 - skripsi TI - PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS X DI MAN PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA AV - restricted ER -