@phdthesis{digilib10218, month = {August}, title = {PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN METODE SAM?IYYAH SYAFAWIYAH SISWA KELAS VII DAN VIII MTS NEGERI KARANGMOJO GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012 (SEBUAH POTRET PEMBELAJARAN BERBASIS PSIKOLOGI SISWA) }, school = {PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 08420105 RIFQIATUL MAWADDAH }, year = {2012}, keywords = {syam'iyah syafawiyah, metode pembelajaran, bahasa arab, pendidikan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10218/}, abstract = {Rifqiatul Mawadah: ?Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Metode Sam?iyyah Syafawiyah Siswa Kelas VII dan VIII MTs Negeri Karangmojo Gunungkidul Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012 (Sebuah Potret Pembelajaran Berbasis Psikologi Siswa)? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VII dan VIII MTs Negeri Karangmojo Gunungkidul Yogyakarta menggunakan metode Sam?iyyah syafawiyah yang meliputi : asumsi guru dalam memilih metode tersebut, faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode tersebut, dan yang terakhir untuk mengetahui usaha guru dalam mengatasi faktor penghambat dalam proses pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VII dan VIII MTs Negeri Karangmojo. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan mengambil lokasi di MTs Negeri Karangmojo Gunungkidul. Pengumpulan data : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tekhnik trianggulasi, yaitu dengan cara memeriksa keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data untuk keperluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap suatu data. Hasil penelitian menunjukkan, pertama: guru menggunakan metode Sam?iyyah syafawiyah yang didukung dengan media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VII dan VIII MTs Negeri karangmojo dengan alasan memudahkan siswa dalam proses belajarnya. Kedua: dalam proses pembelajaran bahasa Arab terdapat faktor pendukung seperti keberanian siswa untuk tampil, LCD Proyektor, dan guru yang ideal. Juga terdapat faktor penghambat seperti rendahnya kemampuan dasar siswa, minimnya fasilitas belajar, dll. Terakhir, guru tetap berusaha mencari solusi untuk meminimalisir faktor penghambat tersebut dalam proses pembelajaran. Seperti menciptakan media sendiri berupa gambargambar yang mampu menarik perhatian siswa, dll. } }