@phdthesis{digilib10219, month = {August}, title = {METODE PEMBELAJARAN TAUHID DI PANTI WREDHA BUDHI DHARMA PONGGALAN UMBULHARJO YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 08410074 EDI HERMAWAN}, year = {2012}, keywords = {pembelajaran tauhid}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10219/}, abstract = {Edi Hermawan, Metode Pembelajaran Tauhid di Panti Wredha Budhi Dharma Ponggalan Umbulharjo Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarata. 2012. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam setiap pembelajaran tidak luput dari penggunaan metode. Metode mempunyai kedudukan penting dalam pencapaian tujuan, serta memberi makna pada materi. Tanpa metode materi pelajaran tidak berproses secara efisien dan efektif dalam mencapai tujuan. Sehubungan dengan pentingnya metode dalam pembelajaaran maka guru dituntut tidak hanya menguasai materi saja akan tetapi ia harus menguasai berbagai metode dan teknik pembelajaran guna kelangsungan transformasi dan internalisasi materi pelajaran. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah metode apa saja yang digunakan dalam pembelajaran tauhid di Panti Wredha Budhi Dharma. Bagaimana hasil dari penggunaan metode pembelajaran tauhid di Panti Wredha Budhi Dharma dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran tauhid di Panti Wredha Budhi Dharma. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil tempat di Panti Wredha Budhi Dharma Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Kemudian menganalisis data untuk mengetahui keabsahan dan kevalidan data sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode Pembelajaran Tauhid yang digunakan di Panti Wredha Budhi Dharma yaitu pembelajaran melalui keteladanan, nasehat, pembiasaan, mengisi kekosongan, peristiwa. (2) Hasil dari penggunaan metode pembelajaran tauhid di Panti Wredha Budhi Dharma dapat dikatakan berhasil, dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan intensitas ibadahnya, prilaku sehari-harinya dalam pergaulan terhadap sesama penghuni panti, karyawan dan lingkungan. (3) Faktor pendukung dalam pembelajaran tauhid adalah: minat belajar para manula sangat tinggi, serta dukungan dari pihak panti sedangkan faktor penghambat adalah: tingkat kecerdasan para manula berbeda-beda dan keadaan fisik mereka.} }