relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10223/ title: MODEL ACTIVE LEARNING PERMAINAN KWARTET ARABIYYAH DALAM UPAYA MEMPERKUAT HAFALAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH KRAKITAN BAYAT KLATEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012 creator: RISA GOWWIYUNINGSIH, NIM. 08420004 subject: Pendidikan Bahasa Arab description: Kosakata merupakan salah satu unsur bahasa yang harus dikuasai oleh pembelajar bahasa asing untuk dapat memperoleh kemahiran berkomunikasi dengan bahasa tersebut. Penguasaan kosakata yang baru dikenal dalam ingatan siswa memiliki kecenderungan untuk mudah dilupakan, sehingga siswa cepat lupa dengan kosakata yang baru diterimanya. Menyikapi permasalahan tersebut perlu adanya model pembelajaran yang menyenangkan dan dapat memperkuat hafalan kosakata bahasa Arab siswa yaitu dengan permainan kwartet arabiyyah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penggunaan permainan kwartet arabiyyah dalam upaya memperkuat hafalan kosakata bahasa Arab siswa kelas IV MI Muhammadiyah Krakitan, Bayat, Klaten? 2) apakah model permainan kwartet arabiyyah dapat memperkuat hafalan kosakata bahasa Arab siswa kelas IV MI Muhammadiyah Krakitan, Bayat, Klaten?. 3) apa tanggapan siswa kelas IV tentang permainan kwartet arabiyyah dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui efektifitas pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan permainan kwartet arabiyyah dalam upaya memperkuat hafalan kosakata bahasa Arab siswa kelas IV MI Muhammadiyah Krakitan, Bayat, Klaten. 2) untuk membuktikan bahwa permainan kwartet arabiyyah merupakan salah satu model pembelajaran yang untuk memudahkan siswa dalam menghafal kosakata bahasa Arab tanpa merasa dipaksa. 3) untuk mengetahui apakah permainan kwartet arabiyyah menarik bagi siswa kelas IV di MI Muhammadiyah Krakitan, Bayat, Klaten?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV MI Muhammadiyah Krakitan, berjumlah 26 siswa. Dan teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif dianalisis dengan analisis deskriftif kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Evaluasi dilaksanakan pada saat pertemuan kedua disetiap siklusnya. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan yaitu mulai dari pre tes yang rata-rata 43,31 meningkat pada siklus I menjadi 74,54 kemudian post test siklus II meningkat menjadi 85,54. Dari hasil penilaian evaluasi dapat disimpulkan bahwa permainan kwartet arabiyyah dapat memperkuat hafalan kosakata bahasa Arab siswa kelas IV MI muhammadiyah Krakitan, hal tersebut sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu nilai rata-rata skor hafalan kosakata bahasa Arab siswa meningkat sebesar 80. Kata Kunci: Permainan Kwartet Arabiyyah, Memperkuat Hafalan, Kosakata date: 2012-08-03 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10223/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10223/2/BAB%20II%2C%20III.pdf identifier: RISA GOWWIYUNINGSIH, NIM. 08420004 (2012) MODEL ACTIVE LEARNING PERMAINAN KWARTET ARABIYYAH DALAM UPAYA MEMPERKUAT HAFALAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH KRAKITAN BAYAT KLATEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.