%0 Thesis %9 Skripsi %A ROHANA FITRIA, NIM. 08410160 %B FAKULTAS TARBIYAH %D 2012 %F digilib:10226 %I PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA %K nilai optimisme, pendidikan agama islam %T NILAI-NILAI OPTIMISME DALAM FILM SI ANAK KAMPOENG KARYA DAMIEN DEMATRA TINJAUAN PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10226/ %X ROHANA FITRIA. Nilai-Nilai Optimisme Dalam Film Si Anak Kampoeng Karya Damien Dematra Tinjauan Perspektif Pendidikan Agama Islam. Skripsi: Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang masalah dalam penelitian ini menekankan pada persoalan transmisi budaya sebagai sesuatu yang penting dalam proses dan pelaksanaan pendidikan. Di antara transmisi budaya dalam pendidikan adalah penanaman nilai-nilai optimisme kepada peserta didik secara optimal. Penanaman nilai-nilai optimisme tidak hanya dilakukan melalui pendidikan formal seperti sekolah. Namun, penanaman nilai-nilai optimisme bisa melalui media audio seperti radio, media audio visual seperti televisi dan film. Media film merupakan salah satu cara yang dapat merealisasikan transmisi tersebut secara efektif, di dalam film terkandung berbagai pesan, nilai edukatif yang mampu digunakan sebagai alternatif media pendidikan. Penelitian ini bertujuan ingin mendiskripsikan nilainilai optimisme yang terkandung dalam film Si Anak Kampoeng. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja nilai optimisme dalam film Si Anak Kampoeng karya Damien Dematra dan bagaimana tinjauan perspektif Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research) dengan mengambil objek film Si Anak Kampoeng. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan semiotik. Pada tahap pengumpulan data, dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi serta menghimpun data dari berbagai literatur baik dari rekaman film, novel, buku-buku dan jurnal internet yang berkaitan dengan obyek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis isi (content analisys). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai optimisme dalam film Si Anak Kampoeng diantaranya adalah memiliki pengharapan yang tinggi, tidak mudah putus asa, mampu memotivasi diri, merasa cukup banyak akal untuk menemukan cara meraih tujuan, memiliki kepercayaan diri yang tinggi bahwa segala sesuatu akan beres ketika sedang menghadapi kesulitan, tidak bersikap pasrah, memandang sebuah kegagalan sebagai hal yang dapat diubah bukan dengan menyalahkan diri sendiri. Berdasarkan perspektif PAI bahwa nilai-nilai optimisme tersebut dibagi menjadi tiga segmen utama yaitu dilihat dari tujuan, materi, dan metode yang digunakan oleh seorang guru dalam upaya untuk menumbuhkan sikap optimisme kepada siswa