%A NIM. 07410358 ROSYID KURNIAWAN %T MOTIVASI BELAJAR DALAM NOVEL NEGERI LIMA MENAR KARYA A. FUADI (DITINJAU DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM) %X Rosyid Kurniawan. Motivasi Belajar Dalam Novel Negeri Lima Menara (Ditinjau Dari Perspektif Pendidikan Agama Islam). Yogyakarta Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis motivasi belajar ditinjau dari perspektif Pendidikan Agama Islam yang ada dalam sebuah karya sastra novel “Negeri Lima Menara”. Hal ini didasarkan bahwa sebuah karya sastra seperti novel yang di dalamnya mengandung ide-ide, gagasan, pesan-pesan nilai, ajaran-ajaran dalam Islam, bahkan sebuah perenungan yang diungkap dalam bentuk cerita yang menggugah pembaca. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan media dalam pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pragmatik. Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Anaslisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis isi (content analisys). Dalam penelitian ini penulis akan mengungkapkan konsep motivasi tokoh utama dan perubahan motivasi belajar tokoh utama, serta faktorfaktor yang mendorong terbentuknya motivasi belajar dalam novel “Negeri Lima Menara”. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Terdapat konsep perubahan motivasi belajar dari tokoh utama dan alasan-alasan yang menyebabkan perubahan motivasi belajar dari tokoh utama yang setengah hati untuk belajar di pesantren dan berakhir dengan sepenuh hati untuk menyelesaikan pendidikan. 2) Terdapat faktor motivasi belajar ekstrinsik dan intrinsik dalam novel “Negeri Lima Menara” yang mempengaruhi motivasi belajar tokoh utama selama belajar di pesantren. Motivasi ekstrinsik berasal dari orang tua atau saudara, teman-teman dan kiai atau ustad, sedangkan motivasi intrinsi berupa keinginannya untuk melanjutkan di sekolah umum, bukan sekolah agama. 3) Ditemukan bahwa terdapat banyak nasehat motivasi belajar dalam novel tersebut yang sesuai dengan perspektif Pendidikan Agama Islam. %D 2012 %K motivasi belajar, prestasi, pendidikan %I PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib10227