TY - THES ID - digilib10242 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10242/ A1 - SELLY CANDRA PRIMASTRI , NIM. 08420048 Y1 - 2012/08/03/ N2 - Selly Candra Primastri, Pelaksanaan Program Aplikasi Al-Qur??n Sebagai Upaya peningkatan prestasi belajar bahasa Arab Siswa Kelas VII Di MTs Negeri Ngemplak Sleman Yogyakarta. Skripsi : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Bahasa Al-Qur??n adalah bahasa Arab, karenanya bahasa Arab adalah sumber utama pengetahuan tentang Islam. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan Aplikasi Al-Qur??n yang merupakan lahan pengenalan awal pembelajaran bahasa Arab dan untuk mengetahui bagaimana kontribusi dari program Aplikasi Al-Qur??n yang digunakan sebagai upaya peningkatan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VII di MTs Negeri Ngemplak Sleman Yogyakarta. Penelitian merupakan penelitian yang bersifat kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dan cara berfikir induktif. Sumber data penelitian adalah Kepala MTs Negeri Ngemplak; Koordinator Program Aplikasi Al-Qur??n; Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab; Guru Pembimbing Program Aplikasi Al-Qur??n dan siswa kelas VII MTs Negeri Ngemplak. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi langsung, wawancara mendalam dan dikuatkan dengan dokumentasi. Hasil penelitian menunujukkan bahwa program Aplikasi Al-Qur??n di MTs Negeri Ngemplak masuk dalam mata pelajaran reguler dan termasuk muatan lokal (mulok). Program ini memiliki alokasi waktu 2 x 40 menit perminggu, dengan didampingi 2 guru pembimbing disetiap kelasnya. Program ini merupakan program pembelajaran Al-Qur??n seperti pada umumnya yang dilatarbelakangi karena input siswa yang masuk dari sekolah negeri biasa sehingga kemampuan membaca Al-Qur??n masih perlu ditingkatkan dan belum pernah mendapat materi pembelajaran bahasa Arab sebelumnya. Program Aplikasi Al-Qur??n merupakan lahan pengenalan awal pembelajaran bahasa Arab. Karena dalam program tersebut, terdapat latihan-latihan membaca dan menulis rangkaian huruf hijaiyah yang merupakan modal awal belajar bahasa Arab. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program Aplikasi Al-Qur??n dapat menjadi lahan pengenalan awal pembelajaran bahasa Arab dan Program Aplikasi Al-Qur??n ini terbukti berkontribusi positif karena guru dan siswa merasa terbantu dengan adanya program tersebut. Sehingga dengan kata lain, Pelaksanaan program Aplikasi Al-Qur??n dapat digunakan sebagai upaya peningkatan prestasi belajar bahasa arab siswa kelas VII di MTs Negeri Ngemplak Sleman Yogyakarta. PB - PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA KW - aplikasi al-qur'an KW - prestasi belajar siswa KW - bahasa arab M1 - skripsi TI - PELAKSANAAN PROGRAM APLIKASI AL-QUR??N SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA AV - restricted ER -