eprintid: 10242 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/01/02/42 datestamp: 2014-03-13 07:31:54 lastmod: 2017-04-17 01:30:04 status_changed: 2014-03-13 07:31:54 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SELLY CANDRA PRIMASTRI , NIM. 08420048 title: PELAKSANAAN PROGRAM APLIKASI AL-QUR’ĀN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: aplikasi al-qur'an, prestasi belajar siswa, bahasa arab abstract: Selly Candra Primastri, Pelaksanaan Program Aplikasi Al-Qur’ān Sebagai Upaya peningkatan prestasi belajar bahasa Arab Siswa Kelas VII Di MTs Negeri Ngemplak Sleman Yogyakarta. Skripsi : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Bahasa Al-Qur’ān adalah bahasa Arab, karenanya bahasa Arab adalah sumber utama pengetahuan tentang Islam. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan Aplikasi Al-Qur’ān yang merupakan lahan pengenalan awal pembelajaran bahasa Arab dan untuk mengetahui bagaimana kontribusi dari program Aplikasi Al-Qur’ān yang digunakan sebagai upaya peningkatan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VII di MTs Negeri Ngemplak Sleman Yogyakarta. Penelitian merupakan penelitian yang bersifat kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dan cara berfikir induktif. Sumber data penelitian adalah Kepala MTs Negeri Ngemplak; Koordinator Program Aplikasi Al-Qur’ān; Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab; Guru Pembimbing Program Aplikasi Al-Qur’ān dan siswa kelas VII MTs Negeri Ngemplak. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi langsung, wawancara mendalam dan dikuatkan dengan dokumentasi. Hasil penelitian menunujukkan bahwa program Aplikasi Al-Qur’ān di MTs Negeri Ngemplak masuk dalam mata pelajaran reguler dan termasuk muatan lokal (mulok). Program ini memiliki alokasi waktu 2 x 40 menit perminggu, dengan didampingi 2 guru pembimbing disetiap kelasnya. Program ini merupakan program pembelajaran Al-Qur’ān seperti pada umumnya yang dilatarbelakangi karena input siswa yang masuk dari sekolah negeri biasa sehingga kemampuan membaca Al-Qur’ān masih perlu ditingkatkan dan belum pernah mendapat materi pembelajaran bahasa Arab sebelumnya. Program Aplikasi Al-Qur’ān merupakan lahan pengenalan awal pembelajaran bahasa Arab. Karena dalam program tersebut, terdapat latihan-latihan membaca dan menulis rangkaian huruf hijaiyah yang merupakan modal awal belajar bahasa Arab. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program Aplikasi Al-Qur’ān dapat menjadi lahan pengenalan awal pembelajaran bahasa Arab dan Program Aplikasi Al-Qur’ān ini terbukti berkontribusi positif karena guru dan siswa merasa terbantu dengan adanya program tersebut. Sehingga dengan kata lain, Pelaksanaan program Aplikasi Al-Qur’ān dapat digunakan sebagai upaya peningkatan prestasi belajar bahasa arab siswa kelas VII di MTs Negeri Ngemplak Sleman Yogyakarta. date: 2012-08-03 date_type: published institution: PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS TARBIYAH thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SELLY CANDRA PRIMASTRI , NIM. 08420048 (2012) PELAKSANAAN PROGRAM APLIKASI AL-QUR’ĀN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI NGEMPLAK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10242/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10242/2/BAB%20II%2C%20III.pdf