@phdthesis{digilib10279, month = {September}, title = {MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT Studi Kasus pada KB Sinar Mentari, Dusun Kanggotan, Kelurahan Pleret, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 05470060 SYANTI KUKUH VIDYAWATI}, year = {2013}, note = {Pembimbing: Drs. Mangun Budiyanto, M.Si.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10279/}, abstract = {Kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan anak pra sekolah alternatif yang mampu menampung aspirasi dari masyarakat merupakan alasan umum dalam paradigma pendidikan. Hal ini dianggap mampu menjadi penawar alternatif pada kejenuhan sistem pendidikan yang telah ada, artinya pola pendidikan yang telah ada belum mampu menjadi solusi akan kebutuhan pendidikan bagi masyarakat. Persoalan umum diatas menjadi pemicu lahirnya lembaga pendidikan alternatif, yang menawarkan berbagai macam solusi kreatif dan menarik. Keunikan yang ditawarkan lembaga pendidikan swasta/ independen ini cenderung memberikan kelonggaran orang tua murid untuk berperan serta aktif dalam mendidk putra-putrinya diluar lingkungan keluarga. Sehingga terkesan, bahwa lembaga pendidikan alternatif merupakan keluarga kedua. Salah satu lembaga pendidikan unik tersebut adalah KB. Aisyiyah Sinar Mentari, yang beralamat di Dusun Kanggotan Kidul, RT. 07, Kelurahan Pleret, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, DI. Yogyakarta. Lembaga ini berdiri dilingkungan makam dan masjid Taqarrub, yang merupakan masjid peninggalan kerajaan Mataram Islam, era Sultan Agung. Lembaga ini menarik untuk diteliti karena penerapan konsep manajemen pendidikan berbasis masyarakatnya. Alasan lain adalah tentang penerapan dari konsep manajemen pendidikan berbasis masyarakat pada KB Aisyiah Sinar Mentari, Pleret, Bantul, Yogyakarta, problem dan solusi konsep manajemen pendidikan berbasis masyarakat, dan terakhir hasil dari penerapan manajemen pendidikan berbasis masyarakat pada KB Aisyiah Sinar Mentari, Pleret, Bantul, Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan Sosiologi. Karena berhubungan dengan perilaku sosial dalam suatu fenomena atau lingkungan pendidikan, khususnya berkaitan dalam optimalisasi pendidikan anak usia dini. Pendekatan sosiologi ini, penulis lakukan dengan melihat subjek pendidikan pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. Langkah-langkah penelitiannya antara lain; pengamatan (observation), wawancara (interview), dokumentasi (documentation), triangulasi data, analisis data.} }