%A NIM. 09470119 UTARI SETYANI MA’RUF %O Pembimbing: Drs. Misbah Ulmunir, M.Si %T PERANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI PUSAT SUMBER BELAJAR BAGI SISWA DI SMA N 2 WONOSARI %X Latar belakang penelitian ini bahwa perpustakaan mempunyai fungsi ganda, yaitu sebagai pusat sumber belajar yang tersedia untuk penyimpanan dan untuk pemanfaatan sumber belajar yang berupa cetak maupun non cetak. Dengan adanya perpustakaan diharapkan siswa dapat mengembangkan keterampilan untuk mencari informasi bagi keperluan mereka secara mandiri. Di beberapa sekolah, perpustakaan hanya diposisikan sebagai pelengkap serta dibiarkan menderita. Oleh sebab itu, unsur-unsur penting dalam proses pendidikan yang meliputi sarana dan prasarana pendidikan perlu mendapatkan perhatian khusus, salah satunya yaitu dengan megoptimalkan peranan perpustakaan sebagai sarana pendidikan yang bersifat sentral (memusat) dengan diposisikan sebagai pusat sumber belajar, tidak sebagai sarana pendidikan yang sifatnya komplementer, yang semata hanya diposisikan sebagai pelengkap kegiatan belajar belaka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang SMA N 2 Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mencari serta menyusun secara sistematis data-data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, laporan, serta bahan-bahan lain.Analisis data kualitatif ini bersifat induktif, yang terdiri dari tiga alur yang berinteraksi yaitu reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan : 1)kegiatan pengelolaan perpustakaan sekolah yang di SMA N 2 Wonosari ini sudah menggunakan sistem online, kegiatan entry data buku sudah menggunakan proses komputerisasi. Akan tetapi, proses entry buku ini belum diselesaikan secara maksimal; 2)kelengkapan koleksi buku di perpustakaan SMA N 2 Wonosari sudah memadai, sehingga peranan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar siswa di SMA N 2 Wonosari sejauh ini sudah dikatakan optimal dalam mengembangkan kompetensi dan kreativitasnya untuk mencari sumber informasi dan sumber rujukan, serta melalui peranannya sebagai sarana hiburan ditinjau melalui keantusiasan siswa ketika belajar di perpustakaan yang menuntut siswa untuk belajar mandiri sudah dimaksimalkan; 3)Strategi yang dilakukan untuk mengoptimalkan peranan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar bagi siswa di SMA N 2 Wonosari ini terbilang variatif, ada yang bersifat stuktural, teknis, dan juga penghargaan (reward). Kata kunci : Peranan, Perpustakaan Sekolah, Pusat Sumber Belajar, entry, reward. %K Peranan, Perpustakaan Sekolah, Pusat Sumber Belajar, entry, reward. %D 2013 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib10285