eprintid: 1033 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/10/33 datestamp: 2012-05-16 07:57:43 lastmod: 2017-03-15 01:01:54 status_changed: 2012-05-04 16:40:19 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: HERNI NINGSIH - NIM. 03470632, title: EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KELAS AKSELERASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Efektivitas, akselerasi, PAI. note: Pembimbing : Drs. H. Hamruni, M. Si. abstract: ABSTRAK b HERNI NINGSIH. /b Efektivitas Pengelolaan Kelas Akselerasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana metode guru mengelola kelas akselerasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan bagaimana efektivitas pengelolaan kelas akselerasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Adapun yang menjadi subyek penelitian ini adalah siswa kelas V patas 1 dan kelas V patas 2 tahun ajaran 2006/2007 dan guru pendidikan agama Islam yang mengajar dikelas V patas 1 dan kelas V patas 2 cuma ada satu guru. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberi masukan kepada guru pendidikan agama Islam dan calon guru tentang pengelolaan kelas yang efektif, sehingga tercapai tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif, dengan mengambil latar belakang SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta yang memiliki program akselerasi sebagai program prestisiusnya. Selain itu sebagai lembaga yang dibawah naungan salah satu Organisasi Islam terbesar di Indonesia yakni Muhammadiyah, SD Muhammadiyah Sapen mampu membuktikan sepak terjangnya dalam bidang pendidikan yang cukup professional dan menjadi teladan bagi sekolah-sekolah lain. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan observasi lansung, interview, angket dan dokumentasi. Sedangkan Analisis data yang digunakan yaitu analisa data yang bersifat kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif menggunakan dua metode yaitu deduktif dan induktif. Data kuantitatif, untuk menganalisanya penulis menggunakan metode statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pengelolaan kelas akselerasi dalam pembelajaran PAI sudah cukup efektif. Karena dalam mengajar guru melakukan berbagai persiapan sebelum mengajar yaitu mulai dari membuat perencanaan, pengoranisasian, memimpin, dan pengawasan. Dilengkapi pula berbagai pendekatan dan teknik pengelolaan kelas diantaranya tindakan pencegahan dan tindakan korektif. (2) efektivitas pengelolaan kelas akselerasi dalam pembelajaran PAI ini dapat dilihat dari 2 hal yaitu : pertama : efektivitas pengelolaan guru dalam pembelajaran PAI yaitu sejauhmana kegiatan yang direncanakan guru dapat dapat dilaksanakan dengan baik. hal ini dapat dilihat dari tujuan pembelajaran, penyelesaian terhadap materi, metode pembelajaran yang variatif, media untuk mendukung pembelajaran dan mengkondisikan kelas. Kedua : efektivitas belajar siswa yang telah dicapai melalui kegiatan pembelajaran, yaitu prestasi (nilai) hasil belajar siswa dan perilaku siswa. date: 2008-07-01 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2008-07-01 11:50:41 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--herninings-478-1-hernini-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/10/digilib-uinsuka--herninings-478-1-hernini-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=599 ; nama file lama : HERNI NINGSIH 03470632 EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KELAS AKSELERASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1158810 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2008 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: HERNI NINGSIH - NIM. 03470632, (2008) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KELAS AKSELERASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1033/1/BAB%201%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1033/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf