<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI UPAYA\r\nPENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN (PKn) PADA SISWA KELAS IV MI\r\nMIFTAHUSSIBYAN WELAHAN JEPARA\r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012"^^ . "LAILATUL FAUZIYAH. Penerapan Metode Role playing sebagai Upaya\r\nPeningkatan Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) pada\r\nSiswa Kelas IV MI Miftahusshibyan Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012 .\r\nSkripsi. Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah\r\nFakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012.\r\nLatar belakang masalah penelitian ini adalah minat dalam pembelajaran\r\nPKn di kelas IV MI Miftahusshibyan Welahan Jepara yang rendah. Hal ini\r\nberpengaruh terhadap Prestasi belajar yang rendah pula. Oleh karena itu dilakukan\r\nPenelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode pembelajaran role playing di\r\nkelas IV MI Miftahusshibyan yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan\r\nprestasi belajar siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah:\r\nbagaimana penerapan metode role playing dalam pembelajaran PKn pada siswa\r\nkelas IV MI Miftahussibyan Welahan Jepara, bagaimana peningkatan minat dan\r\nprestasi belajar siswa kelas IV MI Miftahusshibyan Welahan Jepara pada\r\npembelajaran PKn setelah menggunakan metode pembelajaran role playing.\r\nPenelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek\r\npenelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 18 siswa dan guru PKn MI\r\nMiftahusshibyan Welahan Jepara tahun pelajaran 2011/2012. Data yang\r\ndikumpulkan berupa data minat dan prestasi belajar siswa. Pengumpulan data\r\ndilakukan dengan observasi pada saat proses pembelajaran, pemberian angket\r\nminat belajar pada siswa dan wawancara pada guru dan siswa untuk memperoleh\r\ndata minat belajar siswa. Pemberian tes belajar PKn pada pra tindakan, siklus I\r\ndan siklus II juga dilakukan untuk memperoleh data prestasi belajar siswa.\r\nAnalisis data untuk minat dan prestasi belajar siswa menggunakan teknik analisis\r\ndata kualitatif deskriptif.\r\nHasil Penelitian : (1) Adanya peningkatan persentase minat belajar siswa\r\nantara prasiklus dengan siklus I sebesar 48,24% dan siklus I dengan II meningkat\r\nsebesar 21,25%. Sedangkan peningkata minat dari prasiklus ke siklus sebesar\r\n58,86% (2) Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan, hal tersebut dapat\r\nterlihat dari Persentase siswa yang mencapai ketuntasan pada prasiklus adalah\r\n35,3% sedangkan pada siklus I 80% siswa dan pada siklus II 93,75. Hal tersebut\r\nmenunjukkan peningkatan sebesar 44,7% dari prasiklus ke siklus I dan 13,75%\r\ndari siklus I ke siklus II. Sedangkan peningkatan antara prasiklus dan siklus\r\nsebesar 51,57%. Selain itu adanya peningkatan nilai rata-rata kelas yaitu pada tes\r\npra tindakan sebesar 6,75 pada siklus I sebesar 7,5 dan siklus II sebesar 8,1. Dari\r\nhasil tersebut penerapan metode role playing secara signifikan dapat\r\nmeningkatkan minat dan prestasi belajar PKn materi Pemerintahan Desa pada\r\nsiswa kelas IV MI Miftahusshibyan Welahan Jepara tahun pelajaran 2011/2012"^^ . "2012-06-30" . . . . "PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 08480040"^^ . "LAILATUL FAUZIYAH"^^ . "NIM. 08480040 LAILATUL FAUZIYAH"^^ . . . . . . "PENERAPAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI UPAYA\r\nPENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN (PKn) PADA SISWA KELAS IV MI\r\nMIFTAHUSSIBYAN WELAHAN JEPARA\r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENERAPAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI UPAYA\r\nPENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN (PKn) PADA SISWA KELAS IV MI\r\nMIFTAHUSSIBYAN WELAHAN JEPARA\r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Text)"^^ . . . "PENERAPAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI UPAYA\r\nPENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN (PKn) PADA SISWA KELAS IV MI\r\nMIFTAHUSSIBYAN WELAHAN JEPARA\r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI UPAYA\r\nPENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN (PKn) PADA SISWA KELAS IV MI\r\nMIFTAHUSSIBYAN WELAHAN JEPARA\r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI UPAYA\r\nPENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN (PKn) PADA SISWA KELAS IV MI\r\nMIFTAHUSSIBYAN WELAHAN JEPARA\r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI UPAYA\r\nPENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN (PKn) PADA SISWA KELAS IV MI\r\nMIFTAHUSSIBYAN WELAHAN JEPARA\r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENERAPAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI UPAYA\r\nPENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN (PKn) PADA SISWA KELAS IV MI\r\nMIFTAHUSSIBYAN WELAHAN JEPARA\r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI UPAYA\r\nPENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN (PKn) PADA SISWA KELAS IV MI\r\nMIFTAHUSSIBYAN WELAHAN JEPARA\r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI UPAYA\r\nPENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN (PKn) PADA SISWA KELAS IV MI\r\nMIFTAHUSSIBYAN WELAHAN JEPARA\r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI UPAYA\r\nPENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN\r\nKEWARGANEGARAAN (PKn) PADA SISWA KELAS IV MI\r\nMIFTAHUSSIBYAN WELAHAN JEPARA\r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #10337 \n\nPENERAPAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI UPAYA \nPENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN \nKEWARGANEGARAAN (PKn) PADA SISWA KELAS IV MI \nMIFTAHUSSIBYAN WELAHAN JEPARA \nTAHUN PELAJARAN 2011/2012\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .