TY - THES N1 - Dr. H. Sumedi, M.Ag ID - digilib10338 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10338/ A1 - SUHARNO NOTO ANOM INDRATMOJO , NIM. 07410049 Y1 - 2012/04/06/ N2 - SUHARNO NOTO ANOM INDRATMOJO. Proses Pembelajaran Santri Kelas ?Imri?? Di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Umbulharjo Yogyakarta Ditinjau dari Persepektif Kitab Ta?l?m Al-Muta?allim (Fa?l f? Bidâyah al-Sabq wa Qadrih wa Tart?bih). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang penelitian ini karena di zaman sekarang telah banyak muncul dari kalangan pondok pesantren yang secara kajian dan metode pembelajarannya telah diakui adalah pondok pesantren yang berbasiskan salaf, akan tetapi dalam realitanya santri-santri yang belajar di pondok pesantren tersebut jauh akan nilai- nilai kesalafan. Dan salah satu dari pondok pesantren tersebut adalah Pondok pesantren Al-Luqmaniyyah Umbulharjo Yogyakarta, dimana santri-santri di pondok pesantren ini secara peraturan santri-santrinya diperbolehkan mengenyam pendidikan di luar pondok pesantren, seperti pendidikan di sekolah dan perguruan tinggi. Selain itu, santri-santri di pondok pesantren Al-Luqmaniyyah dalam kehidupan sehari-harinya juga diperbolehkan menggunakan teknologi-teknologi modern, seperti penggunaan handphune, laptop, dan internet. Dari uraian di atas peneliti ingin meninjau bagaimana proses pembelajaran santri-santri di lingkungan Pondok pesantren Al-Luqmaniyyah, yang nota bene Pondok pesantren Al-Luqmaniyyah adalah pondok pesantren yang berbasiskan salaf, akan tetapi dalam realitanya santri-santrinya jauh akan tradisi kesalafan. Dalam penelitian ini peneliti akan memfokuskan penelitianya pada santri-santri kelas ?Imri??, karena dalam kelas ini santri-santrinya mendapatkan mata pelajaran kitab Ta?l?m Al-Muta?allim, suatu kitab yang sering dipakai di pondok pesantren- pondok pesantren salaf, yang isinya membahas tentang tingkah laku atau adab santri dalam menuntut ilmu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang di Pondok pesantren Al-Luqmaniyyah Umbulharjo Yogyakarta kelas ?Imri??. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pola pikir induktif yaitu dengan analisis yang cenderung menggunakan kata-kata untuk menjelaskan fenomena atau data yang sifatnya masih umum menuju kesimpulan yang sifatnya khusus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran santri kelas ?Imri?? di Pondok pesantren Al-Luqmaniyyah Umbulharjo Yogyakarta masih kurang maksimal apabiala ditinjau dengan metode-metode yang ditawarkan oleh kitab Ta?l?m Al-Muta?allim, beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut diantaranya yaitu, karena posisi santri yang selain mondok juga sebagai mahasiswa di perguruan tinggi, sehingga banyak dari santri yang tersibukkan dengan kegiatan-kegiatan dan tuntutan mereka di kampus dari pada tersibukkan PB - PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA KW - Pembelajaran KW - Santri M1 - skripsi TI - PROSES PEMBELAJARAN SANTRI KELAS ?IMRI?? DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH UMBULHARJO YOGYAKARTA DITINJAU DARI PERSEPEKTIF KITAB TA?L?M AL-MUTA?ALLIM (FA?L F? BIDÂYAH AL-SABQ WA QADRIH WA TART?BIH) AV - restricted EP - 76 ER -