relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10345/ title: STUDI KOMPARATIF TENTANG PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP REMAJA PARAKAN TEMANGGUNG DENGAN MULTIMEDIA creator: SULISTIYA KURNIYAWATI , NIM. 08470005 subject: Pendidikan Agama Islam description: SULISTIYA KURNIYAWATI, Studi Komparatif tentang Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Remaja Parakan Temanggung dengan Multimedia. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk megetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelompok eksperimen (kelompok yang menggunakan multimedia) dengan kelompok kontrol (kelompok yang tidak menggunakan multimedia). Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Remaja Parakan Temanggung Jawa Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Remaja Parakan Temanggung tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 149 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebanyak 23 siswa sebagai kelompok kontrol dan kelas VIII B sebanyak 32 siswa sebagai kelompok eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan: teknik observasi, wawancara, dukumentasi, dan tes. Sedangkan pengkajian instrumen dalam rangka menguji keampuhan instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas yang dipakai adalah uji validitas rumus korelasi Product Moment Karl Pearson, sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha (α). Persyaratan uji analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus Kolmogorov-Smirnov. Analisis untuk pengujian hipotesis yang dipakai berupa analisis statistik dengan menggunakan rumus uji “t”. Perhitungan dilakukan menggunakan program SPSS versi 16. Berdasarkan hasil analisis uji “t” disimpulkan bahwa “Terdapat perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol”. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata posttest untuk kelompok eksperimen sebesar 88.341, sedangkan kelompok kontrol hanya memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 82.757. Dari rata-rata peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tersebut, kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan lebih tinggi, yakni sebesar 18.444, sedangkan untuk kelompok kontrol hanya memperoleh nilai rata-rata peningkatan sebesar 10.722. Dengan melihat perbedaan skor yang diperoleh masing-masing kelompok menunjukkan bahwa multimedia dapat diterapkan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan dapat dijadikan sebagai alternatif dalam memilih media pembelajaran Pendidikan Agama Islam. date: 2012-04-08 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10345/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10345/2/BAB%20II%2C%20III.pdf format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10345/3/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10345/4/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10345/5/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10345/6/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10345/7/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10345/8/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10345/9/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10345/10/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10345/15/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10345/16/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10345/17/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10345/18/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10345/19/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10345/20/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10345/21/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10345/22/small.jpg identifier: SULISTIYA KURNIYAWATI , NIM. 08470005 (2012) STUDI KOMPARATIF TENTANG PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP REMAJA PARAKAN TEMANGGUNG DENGAN MULTIMEDIA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.