%A NIM. 07410322 LISA ELIYAWATI %T UPAYA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ANAK DIDIK DI TK ISLAM TERPADU MUTIARA HATI KLATEN %X LISA ELIYAWATI. Upaya Sekolah dalam Mengembangkan Kemampuan Anak Didik di TK ISLAM TERPADU Mutiara Hati Klaten. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah setiap anak yang terlahir telah memiliki kemampuan bawaan yang bersifat laten (potensi). Kemampuan anak dapat berkembang apabila diupayakan, yaitu dengan proses pendidikan. Pendidikan yang diberikan haruslah bersifat komprehensif, sehingga akan membentuk sebuah karakter atau pribadi muslim yang utuh, beriman dan bertaqwa, berpikir dan berkarya nyata, sehat dan kuat serta bermanfaat bagi kehidupan. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana upaya sekolah dalam mengembangkan kemampuan anak didik di TK Islam Terpadu Mutiara Hati Klaten, bagaimana hasil yang dicapai sekolah dalam mengembangkan kemampuan anak didik di TK Islam Terpadu Mutiara Hati Klaten, serta apa yang menjadi faktor penghambat sekolah dalam mengembangkan kemampuan anak didik di TK Islam Terpadu Mutiara Hati Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar TK Islam Terpadu Mutiara Hati Klaten. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Uji keabsahan data menggunakan tehnik triangulasi dengan membandingkan hasil wawancara dengan suatu dokumen yang berkaitan serta hasil dari observasi yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Upaya sekolah dalam mengembangkan kemampuan anak adalah penyusunan kurikulum secara komprehensif dan aplikatif, pemilihan dan penerapan metode pembelajaran yang tepat, peningkatan sumberdaya guru, memaksimalkan sarana dan prasarana, serta pengkondisian lingkungan. 2) Hasil yang dicapai sekolah dari aspek fisik rata-rata anak berkembang dengan baik, aspek kognitif sebagian besar anak berkembang dengan baik, aspek sosial emosi rata-rata anak berkembang dengan baik dan sebagian anak membutuhkan perhatian lebih, serta aspek agama rata-rata anak berkembang dengan baik dan beberapa anak masih harus dibimbing, 3) Faktor penghambat bagi sekolah adalah dari segi kesejahteraan guru yang minim dan beberapa guru belum memenuhi kualifikasi pendidikan, sarana dan prasarana yang tidak seimbang dengan banyaknya jumlah siswa, serta latar belakang siswa yang berasal dari lingkungan keluarga yang bervariasi terutama dalam pola mendidik anak. %D 2012 %K Kemampuan Anak, pendidikan %I PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib10346