%A NIM. 08420046 SYAHABUDDIN NUR %O Drs. Radjasa Mu'tasim, M.Si %T ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TEMPEL SLEMAN YOGAKARTA TAHUN AJARAN 2011-2012 %X Syahabuddin Nur, “Analisis Kualitas Butir Soal Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Sleman Yogakarta Tahun Ajaran 2011-2012”. Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal UTS Bahasa Arab kelas V Semester II di MIN Tempel Sleman Yogyakarta dengan menggunakan Program Anates dan ITEMEN. dan mengetahui apakah butir soal yang dibuat oleh guru sudah mampu mengukur kemampuan siswa dalam bidang keterampilan berbahasa Arab. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN Tempel Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2011-2012 sebanyak 116 siswa, pengumpulan data dilakukan dengan metode Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi, penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif karena data penelitian ini berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik, Analisis data dengan menggunakan program Microcat Model ITEMEN versi 3.00 dan Anates versi 4.0.5. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa soal UTS Bahasa Arab kelas V yang dibuat oleh guru bahasa Arab MIN Tempel Sleman Yogyakarta jika dilihat dari segi Validitasnya sebanyak 24 soal pilihan ganda dan 14 soal uraian memiliki validitas yang tinggi (valid), dari segi reliabilitasnya soal pilihan ganda mempunyai reliabilitas yang tinggi yaitu 0,86 dan 0, 87 untuk soal Uraian yang berarti (Reliable) ,dilihat dari tingkat kesukaran soal dikategorikan sebagai soal yang terlalu mudah, daya pembeda soal yang diterima sebanyak 26 soal pilihn ganda dan 15 soal uraian, fungsi pengecohnya yaitu sebanyak 58 pengecoh dari 90 pengecoh berfungsi dengan baik, soal tersebut termasuk dalam kategori soal pemahaman kosakata dan belum mengukur kemampuan siswa dibidang keterampilan berbahasa Arab secara keseluruhan karena hanya ada 1 keterampilan yang digunakan yaitu keterampilan menulis, kualitas soal yang dibuat guru bahasa Arab tergolong rendah karena yang bisa dimasukkan ke bank soal hanya 14 soal yaitu butir soal pilihan ganda no 4, 11, 14, 17, 18, 21, 23, 24. Soal uraian 3, 6, 8, 10, 11 dan 15 dari keseluruhan soal. %K Pelajaran, Bahasa Arab, Madrasah Ibtidaiyah %D 2012 %I PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib10351