eprintid: 10352 rev_number: 33 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/01/03/52 datestamp: 2014-03-13 07:32:03 lastmod: 2017-01-18 07:27:18 status_changed: 2014-03-13 07:32:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: LUTHFIANA HASANATUL LAILY, NIM. 08480025 title: PENGGUNAAN METODE ACTIVE LEARNING “INDEX CARD MATCH” PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV MIN TIRTO SALAM MAGELANG TAHUN AJARAN 2011/2012 ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Metode Active Learning, Index Card Match, Pembelajaran Matematika abstract: LUTHFIANA HASANATUL LAILY, Penggunaan Metode Active Learning “Index Card Match” Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV MIN Tirto Salam Magelang Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakata: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran Index Card Match terhadap peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas IV MIN Tirto tahun ajaran 2011/2012 pada materi Bilangan Romawi. Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Populasi penelitian adalah siswa kelas IV MIN Tirto yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui pre-test dan post-test, lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data prestasi menggunakan selisih antara rerata post-test siklus I dan post-test siklus II. Sedangkan untuk analisis presentase ketuntasan belajar menggunakan analisis deskriptif teknik presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Index Card Match dapat dilaksanakan dengan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes prestasi belajar siswa pada pra-tindakan, post-test siklus I, dan post-test siklus II, mengalami peningkatan. Rata-rata 60,36 pada pra-tindakan meningkat menjadi 77,36 pada siklus akhir, dengan peningkatan rata-rata sebesar 17, dan termasuk kategori hasil belajar baik. Peningkatan juga terjadi pada ketuntasan belajar siswa dilihat dari ketuntasan belajar pra-tindakan 35,71% meningkat menjadi 89,29% pada siklus akhir dan termasuk dalam kategori ketuntasan belajar baik. date: 2012-06-11 date_type: published institution: PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA department: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: LUTHFIANA HASANATUL LAILY, NIM. 08480025 (2012) PENGGUNAAN METODE ACTIVE LEARNING “INDEX CARD MATCH” PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV MIN TIRTO SALAM MAGELANG TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10352/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10352/2/BAB%20II%2C%20III.pdf