eprintid: 10353 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/01/03/53 datestamp: 2014-03-13 07:32:06 lastmod: 2017-03-27 07:07:48 status_changed: 2014-03-13 07:32:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SYIFAUN NIKMAH , NIM. 08470077 title: STUDI KOMPARATIF ALIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN BARAT DAN ALIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM ispublished: pub subjects: P divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Aliran filsafat pendidikan Barat dan Aliran filsafat pendidikan Islam. note: Prof. Dr. Abdurrahman Assegaf, M.Ag abstract: Syifaun Nikmah, Studi Komparatif Aliran Filsafat Pendidikan Barat dalam Perspektif Pendidikan Islam. Skripsi. Jurusan Kependidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2008. Berangkat dari latar belakang secara faktual, reaktualisasi pendidikan Islam itu merupakan suatu keharusan yang mutlak diwujudkan sebagai prasyarat penting dan signifikan menciptakan sumber daya manusia muslim yang cerdas, kreatif, komitmen terhadap Islam serta berakhlakul-karimah. Pada satu sisi hal tersebut merupakan antisipasi. Didalam pembahasan skripsi ini pengaruh perkembangan zaman didalam dunia pendidikan dibawa oleh aliran filsafat pendidikan Barat. Pendidikan Islam berusaha untuk mendapatkan tujuan pendidikan yang islami yang mampu memfilter perkembangan pendidikan dari dunia Barat dan memanfaatkannya serta tidak kehilangan dasar pendidikan Islam. Dengan kata lain, pendidikan dapat diartikan sebagai hasil peradaban bangsa yang dikembangkan atas dasar pandangan hidup bangsa itu sendiri (nilai dan norma masyarakat) yang berfungsi sebagai filsafat pendidikannya atau sebagai cita-cita dan pernyataan tujuan pendidikannya. Sehingga perumusan tujuan dari penelitian ini adalah: (1). Untuk mengetahui macam-macam Aliran filsafat pendidikan Barat dan untuk mengetahui macam-macam aliran filsafat pendidikan Islam? (2). Untuk mengetahui perbandingan antara aliran filsafat pendidikan Barat dan aliran filsafat pendidikan Islam? Penelitian ini merupakan penelitian pustaka atau library research. Penelitian kepustakaan adalah penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur (kepustakaan), baik berupa buku, catatan atau laporan-laporan hasil penelitian dari peneliti terdahulu. Metode penelitian kualitatif disebut juga sebagai metode interpretative karena data hasil penelitian lebih berkenaan dengan interpretasi terhadap data yang ditemukan di lapangan. perbandingan hasil penelitian dengan telaah pustaka yang ada, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian pembahasan ini meliputi tentang perbandingan antara aliran filsafat pendidikan Barat dengan aliran filsafat pendidikan Islam kemudian berangkat dari perspektif pendidikan Islam, Hasil analisis tersebut adalah Pentingnya Memajukan Umat Islam dalam Pendidikan yang Bernuansa Islami pada era globalisasi yang semakin merajalela seperti dizaman modern ini yang kaya akan perkembangan teknologi yang berkembang pesat dan cepat. Atas dasar problematika tersebut diatas, maka pemikiran dari aliran-aliran filsafat pendidikan Barat dan aliran-aliran filsafat pendidikan Islam yang perlu dikembangkan untuk menuju kepada tujuan pendidikan Islam diindonesia ini, yang telah dipengaruhi oleh pendidikan Barat adalah aliran filsafat pendidikan Islam yaitu: Rekonstruksi Sosial. Kata kunci: Aliran filsafat pendidikan Barat dan Aliran filsafat pendidikan Islam. date: 2012-04-07 date_type: published pages: 156 institution: PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA department: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SYIFAUN NIKMAH , NIM. 08470077 (2012) STUDI KOMPARATIF ALIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN BARAT DAN ALIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10353/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10353/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf