TY - THES N1 - Dr. Hj. Marhumah, M.Pd ID - digilib10366 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10366/ A1 - ULVA MARIYA , NIM. 08410018 Y1 - 2012/04/13/ N2 - Ulva Mariya. Peranan Kelompok Bermain Dalam Pembinaan Akhlak (Studi pada KB dan TPA Ar-Rohmah Sariharjo, Sleman, Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama baik di lembaga formal maupun lembaga non formal misalnya Kelompok Bermain dan Taman Penitipan Anak, serta Taman pendidikan Al- Qu?an, Pendidikan anak-anak sejak usia dini harus mendapat perhatian lebih serius terutama dalam pendidikan akhlak agar kelak mereka menjadi generasi penerus yang berakhlak mulia dan berbudi pekerti yang baik. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana peranan kelompok bermain dalam pembinaan akhlak, dan apa faktor penghambat dan pendukung pembinaan akhlak di KB dan TPA Ar-Rohmah Penelitian ini merupakan penelitian kualitataif dengan mengambil lokasi di KB dan TPA Ar-Rohmah Sariharjo, Sleman, Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi . Adapun dalam penelitian ini teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu teknik triangulasi dengan sumber, dilakukan dengan cara membandingkan data hasil wawancara dengan hasil observasi atau pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) bahwa Pembinaan Akhlak di KB dan TPA Ar-Rohmah dilaksanakan secara inten setiap waktu selama anak berada di KB dan TPA Ar-Rohmah dengan memasukan materi akhlak kedalam kegiataan-kegiatan baik kegiatan rutin, kegiatann terintegrasi dan pengembangan lain dan juga bermain bebas dan istirahat. Dengan menggunakan metode-metode seperti metode keteladanan, pembiasaan, nasihat, pengawasan sera hukuman bahwa peranan KB dan TPA Ar-Rohmah dalam pembinaan akhlak dapat dikatakan sudah cukup baik. Hal ini dapat terlihat adanya perilaku yang mengarah ke hal yang positif diantaranya seperti halnya anak-anak dapat berperilaku sesuai dengan ajaran Islam, anak-anak dapat hidup mandiri sejak dari kecil, anak-anak dapat dapat bersosialisai dengan baik dengan lingkungan sekitar, serta anak-anak dapat mencintai lingkungan sejak sedini mungkin (2) Faktor Pendukung dan Penghambat dalam pembinaan akhlak diantara faktor pendukung dalam pembinaan akhlak adalah adanya kerjasama sesama guru dan orang tua, lingkungan yang baik yang mendukung, buku Penghubung. Sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya tenaga pendidik serta sarana dan prasaran yang kurang memadai. PB - PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA KW - Pembinaan KW - Akhlak M1 - skripsi TI - PERANAN KELOMPOK BERMAIN DALAM PEMBINAAN AKHLAK ANAK (Studi pada KB dan TPA Ar- Rohmah Sariharjo, Sleman, Yogyakarta) AV - restricted EP - 97 ER -