relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10371/ title: EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAY DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA ANAK USIA PRA-SEKOLAH Studi Kasus di TK ABA Plus Al Firdaus, Pandowoharjo, Sleman creator: UMI KHOIROTUN , NIM. 07410147 subject: Pendidikan Agama Islam description: UMI KHOIROTUN. Efektivitas Metode Role Play Dalam Pembelajaran PAI Pada Anak Usia Prasekolah studi kasus di TK ABA Plus Al Firdaus Pandowoharjo Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan merupakan hal yang paling urgen sebagai wahana bagi anak usia dini dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada dalam dirinya. Oleh karena itu hendaknya pendidikan harus diberikan sesuai dengan porsinya masing-masing. Oleh karena sifat anak masih suka bermain, hendaknya pendidikan untuk anak-anak harus diselaraskan dengan sifatnya. Contoh dalam pemilihan metode, sebaiknya metode pembelajaran yang digunakan terdapat unsur-unsur edutainment, supaya dapat membangkitkan motivasi anak untuk belajar. Adapun yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah. Bagaimana pelaksanaan metode role play, apa keunggulan dan kelemahan metode role play dan bagaimana efektivitas metode role play dalam pembelajaran PAI pada anak usia prasekolah di TK ABA Plus Al Fidaus Pandowoharjo Sleman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan, keunggulan dan kelemahan, dan efektivitas metode role play dalam pembelaran PAI. hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu acuan teoritis melalui pengembangan metode role play dan menambah dan memperkaya khazanah keilmuan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini mengambil latar TK ABA Plus Al Firdaus Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan eksperimen, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas B reguler yang berjumlah 16 orang. Analisis data dilakukan dengan memberikan interpretasi terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan kemudian dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran dengan metode role play pada materi Pendidikan Agama Islam termasuk dalam kategori baik karena mampu meningkatkan motivasi belajar anak. (2) Keunggulan metode role play adalah: Dapat berkesan dengan kuat dan tahan lama dalam ingatan anak, sangat menarik, dapat menghayati peristiwa yang berlangsung. (3) Kelemahan metode role play: memerlukan waktu yang relatif panjang, sebagian anak perempuan merasa malu untuk memainkan suatu adegan tertentu, dan TK ABA Plus Al Firdaus tidak memiliki alat bantu yang memadai. (4) efektivitas metode role play diantaranya: antusiasme anak yang tinggi terhadap materi, mampu bermain sesuai dengan intruksi yang diberikan, dan mampu menyelesaikan permainan hingga akhir. Dan secara produk yang diambil berdasarkan hasil jawaban yang didapat dari post test, dapat diambil kesimpulan bahwa Anak-anak dapat menjawab pertanyaan dengan baik, tepat dan benar jika dibandingkan dengan jawaban pre test. Anak-anak bermain dengan sangat antusias. date: 2012-04-05 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10371/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10371/2/BAB%20II%2C%20III.pdf format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10371/3/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10371/4/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10371/5/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10371/6/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10371/7/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10371/8/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10371/9/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10371/10/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10371/15/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10371/16/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10371/17/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10371/18/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10371/19/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10371/20/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10371/21/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10371/22/small.jpg identifier: UMI KHOIROTUN , NIM. 07410147 (2012) EFEKTIVITAS METODE ROLE PLAY DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA ANAK USIA PRA-SEKOLAH Studi Kasus di TK ABA Plus Al Firdaus, Pandowoharjo, Sleman. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.