<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF \r\nTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) \r\nUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA\r\nSISWA KELAS III B MIN YOGYAKARTA II \r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 "^^ . "UMMU SALAFIYAH. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student \r\nTeams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi\r\nBelajar IPA Siswa Kelas III B MIN Yogyakarta II Tahun Pelajaran 2011/2012.\r\nSkipsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. \r\nPenelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA\r\nsiswa kelas IIIB MIN Yogyakarta II dengan menerapkan model pembelajaran\r\nkooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Latar belakang\r\nmasalah penelitian ini adalah: (1) Masih banyak siswa yang kurang aktif dalam\r\npembelajaran termasuk pada mata pelajaran IPA. (2) Dari hasil ulangan harian siswa,\r\ndari 23 siswa, hanya 10 siswa (43,47%) yang telah memenuhi KKM (3) Pada\r\npraktiknya guru terkadang menerapkan belajar secara berkelompok, tetapi tidak \r\nmenggunakan konsep kooperatif yang sebenarnya, sehingga pemahaman materi dan \r\nkerjasama antar siswa kurang berjalan maksimal. Untuk mengatasi permasalahan\r\ntersebut maka diadakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki\r\nproses pembelajaran yang dirasa masih kurang. \r\nPermasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kondisi\r\nkeaktifan dan prestasi belajar IPA siswa kelas III B MIN Yogyakarta II sebelum\r\nditerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division\r\n(STAD), (2) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student\r\nTeams Achievement Division (STAD) pada pembelajaran IPA di kelas III B di MIN\r\nYogyakarta II, (3) Bagaimana hasil keaktifan dan prestasi belajar IPA siswa kelas III\r\nB MIN Yogyakarta II setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student\r\nTeams Achievement Division (STAD). \r\nPenelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bersifat\r\ndeskriptif kualitatif yang didukung data kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa\r\nkelas III B MIN Yogyakarta II. Data-data yang dikumpulkan berupa data keaktifan\r\ndan prestasi belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan\r\nobservasi pada lembar observasi untuk keaktifan belajar siswa, pre test dan post test\r\nIPA untuk prestasi belajar siswa, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi.\r\nTeknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan penarikan\r\nkesimpulan. Adapun kegiatan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan,\r\nobservasi dan refleksi. \r\nHasil analisis untuk: (1) Keaktifan belajar siswa pada siklus I diperoleh ratarata\r\npersentase keseluruhan\r\nsebesar 77,71% dengan kategori\r\nbaik, sedangkan pada\r\n\r\nsiklus\r\nII diperoleh rata-rata persentase\r\nkeseluruhan sebesar 91,30% dengan kategori\r\nbaik\r\nsekali. Jadi keaktifan belajar siswa\r\nmengalami\r\npeningkatan sebesar 13,59%. (2)\r\nPrestasi\r\nbelajar siswa diperoleh\r\nrata-rata nilai siswa pada\r\nsiklus I yaitu\r\n80,39, pada\r\n\r\nsiklus\r\nII meningkat\r\nmenjadi\r\n90,78, sehingga\r\nrata-rata nilai siswa\r\nmengalami\r\n\r\npeningkatan\r\nsebesar 10,39. Sedangkan untuk keberhasilan\r\nprestasi siswa, pada siklus \r\nI diperoleh nilai sebesar 69,56% (16 siswa), dan pada siklus II diperoleh nilai sebesar \r\n95,65% (22 siswa), sehingga keberhasilan prestasi siswa mengalami peningkatan\r\nsebesar 26,09%. "^^ . "2012-04-04" . . . . "PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 08480020 "^^ . "UMMU SALAFIYAH "^^ . "NIM. 08480020 UMMU SALAFIYAH "^^ . . . . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF \r\nTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) \r\nUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA\r\nSISWA KELAS III B MIN YOGYAKARTA II \r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF \r\nTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) \r\nUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA\r\nSISWA KELAS III B MIN YOGYAKARTA II \r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Text)"^^ . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF \r\nTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) \r\nUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA\r\nSISWA KELAS III B MIN YOGYAKARTA II \r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF \r\nTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) \r\nUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA\r\nSISWA KELAS III B MIN YOGYAKARTA II \r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF \r\nTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) \r\nUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA\r\nSISWA KELAS III B MIN YOGYAKARTA II \r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF \r\nTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) \r\nUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA\r\nSISWA KELAS III B MIN YOGYAKARTA II \r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF \r\nTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) \r\nUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA\r\nSISWA KELAS III B MIN YOGYAKARTA II \r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF \r\nTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) \r\nUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA\r\nSISWA KELAS III B MIN YOGYAKARTA II \r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF \r\nTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) \r\nUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA\r\nSISWA KELAS III B MIN YOGYAKARTA II \r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF \r\nTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) \r\nUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA\r\nSISWA KELAS III B MIN YOGYAKARTA II \r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #10378 \n\nPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF \nTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) \nUNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA \nSISWA KELAS III B MIN YOGYAKARTA II \nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 \n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .