TY - THES N1 - Drs. Harjono, M.Si ID - digilib10382 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10382/ A1 - UTAMI RATNA ANGGRAINI , NIM.08410017 Y1 - 2012/04/04/ N2 - UTAMI RATNA ANGGRAINI, Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-nilai Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kalasan Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa saat ini sering terdengar dari banyaknya berita-berita yang terdapat di berbagai media masa, baik media elektronik maupun surat kabar yang mengungkap tentang sikap-sikap negatif dikalangan muda, dan terlihat adanya problem sosial dalam kehidupan sehari-hari, terutama dikalangan kaum muda yang relatif masih menjalani pendidikan di sekolah. Isu-isu yang terdengar mengenai sikap negatif siswa SMP seperti seks bebas, pornografi, tawuran antar sekolah, minuman keras, narkoba, pembunuhan, dan tindakan kriminal lainnya serta terungkapnya kenakalan geng motor. Masalah sosial yang terjadi dikalangan muda saat ini perlu adanya solusi agar tidak selamanya manjadi kebiasaan bagi mereka. Salah satu cara untuk memberikan jalan keluar terhadap masalah sosial ini adalah melalui aktifitas pembelajaran di sekolah, karena sekolah merupakan sarana pendidikan formal dalam membentuk perilaku anak muda. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis tentang upaya guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kalasan Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang SMP Negeri 1 Kalasan. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru PAI, siswa kelas VIII dan karyawan. Pengumpulan data observasi, interview/wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi, serta menganalisis dan menginterpretasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif yaitu mengolah data dengan melaporkan apa yang diperoleh dalam penelitian dengan cermat dan teliti, serta memberikan interpretasi terhadap data kedalam suatu kebulatan arti yang utuh dengan menggunakan kata-kata sehingga dapat menggambarkan objek penelitian saat penelitian ini dilakukan atau dengan kata lain penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data Dari penelitian tentang upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kalasan Sleman Yogyakarta dapat disimpulkan bahwa: (1) Nilai-nilai sosial yang ditanamkan oleh guru PAI meliputi: Loves/Kasih sayang (Pengabdian, tolong menolong, kekeluargaan, kesetiaan, kepadulian), Responsbility (nilai rasa memiliki, disiplin, empati), Life Harmony(nilai keadilan, toleransi, kerjasama, demokrasi). (2) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kalasan Sleman Yogyakarta adalah melalui pembelajaran di kelas dan di luar kelas. (3) Faktor pendukung dan penghambat dari upaya guru pendidikan dalam menanamkan nilai-nilai sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kalasan Sleman Yogyakarta yaitu: Faktor pendukungnya adalah dukungan guru PAI, latar belakang guru PAI, lingkungan masyarakat serta semangat guru PAI. Faktor penghambatnya yaitu: Alokasi waktu dan jam pelajaran PAI. PB - PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA KW - Pendidikan KW - Agama Islam KW - Nilai-nilai Sosial M1 - skripsi TI - UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA AV - restricted EP - 104 ER -