%0 Thesis %9 Skripsi %A MOCH. ROSYID, NIM. 08420112 %B UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %D 2012 %F digilib:10390 %I PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA %K Kaligrafi, analisis deskriptif %P 135 %T PROSES PEMBELAJARAN KALIGRAFI DI MADRASAH ALIYAH SALAFIYYAH (MAS) SIMBANGKULON BUARAN PEKALONGAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10390/ %X Moch. Rosyid, Proses Pembelajaran Kaligrafi di Madrasah Aliyah Salafiyyah (MAS) Simbangkulon Buaran Pekalongan. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran dan efektifitas pembelajaran Kaligrafi serta mendeskripsikan prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan kualitatif dengan teknik analisis deskriptif yakni dengan mendeskripsikan uraian dan angket dari responden. Adapun Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Dan sumber datanya adalah dewan guru, siswa, dan karyawan di Madrasah Aliyah Salafiyyah (MAS) Simbangkulon Buaran Pekalongan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Pembelajaran Kaligrafi di kelas X Madrasah Aliyah Salafiyyah (MAS) Simbangkulon Buaran Pekalongan menggunakan metode ceramah disertai praktik langsung dan dikte/imla‟. (2) Proses pembelajaran Kaligrafi di Madrasah Aliyah Salafiyyah (MAS) Simbangkulon Buaran Pekalongan termasuk dalam kategori SEDANG (3) Prestasi belajar Kaligrafi siswa kelas X Madrasah Aliyah Salafiyyah (MAS) Simbangkulon tahun ajaran 2011/2012 masih kurang memuaskan hal ini dapat dilihat dari 139 sampel yang diambil hanya diperoleh nilai rata-rata sebesar 63,9.