TY - THES ID - digilib10394 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10394/ A1 - MOHAMAD IHDA ZULFIKAR, NIM. 074100238 Y1 - 2012/07/09/ N2 - MOHAMAD IHDA ZULFIKAR?. Pemanfaatan Media Internet Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Fiqih Di Kelas XI IPS 1 MAN 1 Wates Kulon Progo. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran fiqih dengan menggunakan media internet serta mengukur seberapa efektif kah pembelajaran fiqih setelah di terapkannya media intenet sebagai media pembelajaran. Latar belakang dalam penelitian ini terkait dengan peran teknologi yang sudah sangat maju dan sangat memudahkan dalam mencari berbagai informasi salah satunya media internet tentunya jika digunakan dalam proses pembelajaran Fiqih. Media internet sendiri digunakan dalam pembelajaran fiqih guna mendukung proses pembelajaran fiqih yaitu, supaya lebih memudahkan guru serta siswa di MAN 1 Wates kulon progo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran fiqih di MAN 1 Wates Kulon Progo yang tidak menggunakan media internet sedangkan sekolah memiliki fasilitas yang tergolong lengkap yaitu dengan tersedianya laboratorium komputer serta hotspot dalam menunjang pembelajaran. Dan hasil dari penelitian ini diharapan dengan teknologi yang sudah sangat maju dan berkembang peran media internet sebagai salah satu media pembelajaran sangatlah penting yaitu selain mengefektivkan pembelajaran juga untuk menambah wawasan pendidikan khususnya dalam mata pelajaran fiqih. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, quesioner, dokumentasi dan test. Pengumpulan data dilakukan dengan reduksi data dengan menyusunnya secara sistematis kemudian display data yang berupa uraian deskriptif yang panjang dan terakhir kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa; pertama, proses pembelajaran fiqih dengan menggunakan media internet dapat dikatakan cukup efektif. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan menyusun RPP dengan baik dan benar sesuai prosedur. Selain itu siswa terlihat sangat antusias selama mengikuti proses pembelajaran dan juga mempermudah guru dalam proses pembelajaran karena tidak perlu mencatat. Kedua, adanya peningkatan efektivitas pembelajaran fiqih yaitu dengan meningkatnya keaktifan siswa dan prestasi belajar siswa setelah proses pembelajaran dengan memanfaatkan media internet dan hasil prestasi belajar dari tes akhir ulangan yang mendapatkan nilai 70 keatas mencapai 80%. PB - PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA KW - Internet KW - Efektivitas Pembelajaran KW - Fiqih M1 - skripsi TI - PEMANFAATAN MEDIA INTERNET DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS XI IPS 1 MAN 1 WATES KULON PROGO AV - restricted EP - 126 ER -