@phdthesis{digilib10398, month = {July}, title = {IMPLEMENTASI METODE ACTIVE LEARNING THE POWER OF TWO DALAM PENINGKATAN KEMAHIRAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII SMPIT ABU BAKAR YOGYAKARTA }, school = {PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 08420086 MOHAMMAD KHAFIDH }, year = {2012}, keywords = {Implementasi, Active Learning The Power Of Two, }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10398/}, abstract = {Mohammad khafidh(08420086), Implementasi Metode Active Learning The Power Of Two Dalam Peningkatan Kemahiran Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. Skripsi : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kemahiran berbicara pada mata pelajaran bahasa arab siswa kelas VII SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. dan hasil dari penelitian ini untuk menambah pengetahuan seorang guru tentang metodelogi pengajaran dalam keberhasilan peningkatan kemahiran berbicara pada siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat penelitian tindakan kelas. Sumber data penelitian adalah Siswa Kelas VII SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi dan metode tes.Adapun proses analisis data dengan analisa kualitatif dengan menggunakan metode induktif. Hasil penelitian menunujukkan peningkatan kemahiran berbicara pada mata pelajaran bahasa arab siswa kelas VII SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. Peningkatan nilai 2,8 yaitu hasil dari nilai pada tes sebelum penerapan Metode The Power Of Two dengan hasil 55,3 dan hasil dari tes awaldalam siklus pertama dengan hasil 58,1,dan peningkatan hasil nilai 17,3 dari hasil nilai tes kedua dari siklus kedua dengan hasil nilai 72,6 dengan hasil nilai tes sebelun diterapkannya metode The Power Of Two dan dapat diambil kesimpulan dari realisasi yang ada,bahwa ada perbedaan nilai sebelun diterapkannya metode The Power Of Two dengan sesudahnya dan menunjukan dampak positif yang signifikan ditunjukan dengan nilai Tt lebih besar dari nilai To. Penerapan Metode Active Learning Dalam belajar Bahasa Arab di SMPIT Abu Bakar dengan realitas bagus,yang hasilnya guru dapat mengetahui pentingnya Active Learning untuk peningkatan metode guru dalam peningkatan al kalam ,memacu perhatian siswa dalam belajar al kalam,dengan menggunakan medode Active Learning dapat meningkatkan diskusi siswa dalam klompok dan optimisme dalam interaksi antar siswa dengan menggunakan bahasa arab.Dijelaskan dalam skripsi ini bahwa banyaknya keterlibatan siswa dalam pembelajaran, maka akan jelas lebih banyak faham dan lebih ingat dengan jangka waktu yang relatif lama,karena kuncinya adalah partisipasi (aktif). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan penerapan metode Active Learning The Power Of Two Dalam belajar Bahasa Arab mempunyai keunggulan- keunggulan diantaranya meningkatkan partisipasi siswa, cocok untuk pemberian tugas yang sederhana, setiap kelompok mempunyai alokasi waktu yang banyak dalam diskusi,menjadikan mudah dalam interaksi dan lebih muda dalam pengelompokan.} }