%A NIM: 08410207 YUSMANIAR NUR AINI %O Dr. Tasmun Hamami, MA %T PENGEMBANGAN RASA PERCAYA DIRI DAN SOSIAL DALAM PAI DI PANTI ASUHAN AL-HAKIM PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA %X Yusmaniar Nur Aini, Pengembangan Rasa Percaya Diri dan Rasa Sosial dalam PAI di Panti Asuhan AL Hakim Pakem Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Yogyakarta Sunan Kalijaga, 2012. Panti Asuhan Al-Hakim yang juga sebagai pondok pesantern ini menyediakan kegiatan yang dengannya dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan rasa sosial anak, terutama dalam kegiatan pendidikan agama Islam. Karena kehidupan di panti ini layaknya di pesantren, ada kegiatan mengaji serta kegiatan lain yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di Panti Asuhan Al Hakim Pakem Sleman Yogyakarta. Subyek adalah Pengasuh Panti Asuhan, ustadz/pengajar, dan anak asuh. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokomentasi. Pemerikasaan keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi data yaitu membandingkan data hasil wawancara dengan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Panti Asuhan Al Hakim dengan segala komponennya terhadap rasa percaya diri dan rasa sosial anak berbuah hasil yang positif. Proses pengembangan percaya diri dilakukan dengan memberi nasehat, melibatkan anak dalam berbagai hal, melatih kemndirian, penerapan disiplin, memberi penghargaan, dan memberi pengarahan untuk berpikir positif. Sedangkan pengembangan rasa sosial dilakukan dengan menumbuhkan rasa kekeluargaan, menumbuhkan aktivitas tolong menolong, membiasakan kerjasama dan memberi pembinaan keagamaan. Mereka yang ada di Panti Asuhan karena hidup diasramakan, maka mereka mempunyai rasa sosial yang tinggi karena terlatih dengan hidup yang dilakukan secara bersama-sama dari pada dengan anak-anak yang diluar panti yang cenderung individual. Mereka juga tergerak untuk selalu bekerja sama dalam berbagai hal, saling tolong menolong baik dalam bidang akademik sperti membantu adik kelas yang mempunyai tugas atau dalam bidang lain misalnya dalam piket. Kerja sama dilakukan sesuai dengan porsi mereka masing-masing dan jadwal yang ada. Sedangkan dalam perkembangan rasa percaya diri anak, juga mambuahkan hasil yang positif. Anak asuh dalam beberapa hal sudah dapat percaya diri. Hal ini dikarenakan di Panti Asuhan mereka mendapat banyak pendidikan seperti keterampilan, olah raga, pendidikan agama, yang dirasa lebih cukup dari anak diluar Panti Asuhan. Ditambah mereka dikuatkan dengan acara seperti training motivasi, dilibatkan dalam berbagai kegiatan yang menntut mereka untuk berkompetisi yang ahirnya dapat menumbuhkan rasa percaya diri. Kesemuanya ini juga tidak terlepas dari sikap pengasuh yang juga selalu memotivasi anak untuk lebih percaya diri. %K Pengembangan, Percaya Diri,Sosial %D 2012 %I PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib10399