<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) \r\nUNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS \r\nPOKOK BAHASAN AKTIVITAS EKONOMI BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA\r\nALAM DAN POTENSI DAERAH DI KELAS IV B MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI \r\nKEDUNGREJA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012 \r\n \r\n \r\n "^^ . " \r\nYuswati,”Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk\r\nMeningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan\r\nAktivitas Ekonomi Berkaitan Dengan Sumber Daya Alam Dan Potensi Daerah Di\r\nKelas IVB Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kedungreja Cilacap Tahun Pelajaran\r\n2011/2012.” \r\nDalam proses pembelajaran, peserta didik harus dilibatkan secara mental,\r\nfisik dan sosial untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru lewat\r\nfakta-fakta atau preposisi yang mereka alami dalam kehidupannya. Hal ini sangat\r\npenting karena dapat mempengaruhi penguasaan konsep dasar IPS dan akan\r\nberpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik. Di MI Negeri Sidanegara\r\nKedungreja Cilacap proses pembelajaran masih didominasi oleh guru, keterlibatan\r\npeserta didik masih sangat terbatas sehingga peserta didik cenderung pasif, tidak\r\nbergairah dan perhatian terhadap materi sangat kurang. Hal ini menyebabkan\r\nprestasi belajar IPS masih sangat memprihatinkan. Untuk mengatasi masalah\r\ntersebut hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menerapkan pendekatan\r\npembelajaran yang melibatkan peserta didik secara comperehensip dan integrated\r\nyaitu dengan pendekatan pembelajaran kontekstual atau Contextual Teaching and\r\nLearning.\r\n Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK), dengan\r\nmenggunakan model Kemmis and Taggrat. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan,\r\nobservasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi:\r\npartisipasi peserta didik yang diambil dari lembar observasi keaktifan peserta\r\ndidik pada setiap siklus, prestasi belajar peserta didik yang diambil dari pemberian\r\nsoal tes pada setiap siklus,aktivitas peserta didik dan guru yang diambil dari\r\nlembar observasi, wawancara dengan guru dan peserta didik dan dokumentasi.\r\nIndikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah : (1) peserta didik dapat\r\nmembangun pengetahuan dan keterampilan baru, (2) terdapat peningkatan\r\nkeaktifan peserta didik dalam pembelajaran,(3)adanya peningkatan prestasi\r\nbelajar peserta didik di atas KKM 67yang mencapai 87.50% dari jumlah peserta\r\ndidik kelas IV B MIN Sidanegara. \r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan pendekatan CTL\r\nprestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan prestasi belajar\r\nditunjukkan dengan meningkatnya Perolehan hasil evaluasi. Secara kuantitatif\r\npeningkatan prestasi belajar siswa terlihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas\r\npada pra penelitian sebesar 60.83 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 45.83 %. Pada siklus I rata-rata kelas sebesar 69.58dan persentase ketuntasan\r\nbelajar sebesar 64.58 %. Pada siklus II rata-rata kelas sebesar 79.79danpersentase\r\nketuntasan belajar sebesar 83.33 %. Dan pada siklus III rata-rata kelas sebesar\r\n83.95 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 87.50 %.\r\n\r\nKata Kunci:Pembelajaran IPS SD/MI, Contextual Teaching and Learning, \r\nPrestasi belajar.\r\n "^^ . "2012-04-17" . . . . "PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM 09480006-M "^^ . "YUSWATI "^^ . "NIM 09480006-M YUSWATI "^^ . . . . . . "PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) \r\nUNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS \r\nPOKOK BAHASAN AKTIVITAS EKONOMI BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA\r\nALAM DAN POTENSI DAERAH DI KELAS IV B MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI \r\nKEDUNGREJA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012 \r\n \r\n \r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) \r\nUNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS \r\nPOKOK BAHASAN AKTIVITAS EKONOMI BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA\r\nALAM DAN POTENSI DAERAH DI KELAS IV B MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI \r\nKEDUNGREJA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012 \r\n \r\n \r\n (Text)"^^ . . . "PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) \r\nUNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS \r\nPOKOK BAHASAN AKTIVITAS EKONOMI BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA\r\nALAM DAN POTENSI DAERAH DI KELAS IV B MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI \r\nKEDUNGREJA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012 \r\n \r\n \r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) \r\nUNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS \r\nPOKOK BAHASAN AKTIVITAS EKONOMI BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA\r\nALAM DAN POTENSI DAERAH DI KELAS IV B MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI \r\nKEDUNGREJA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012 \r\n \r\n \r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) \r\nUNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS \r\nPOKOK BAHASAN AKTIVITAS EKONOMI BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA\r\nALAM DAN POTENSI DAERAH DI KELAS IV B MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI \r\nKEDUNGREJA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012 \r\n \r\n \r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) \r\nUNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS \r\nPOKOK BAHASAN AKTIVITAS EKONOMI BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA\r\nALAM DAN POTENSI DAERAH DI KELAS IV B MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI \r\nKEDUNGREJA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012 \r\n \r\n \r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) \r\nUNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS \r\nPOKOK BAHASAN AKTIVITAS EKONOMI BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA\r\nALAM DAN POTENSI DAERAH DI KELAS IV B MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI \r\nKEDUNGREJA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012 \r\n \r\n \r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) \r\nUNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS \r\nPOKOK BAHASAN AKTIVITAS EKONOMI BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA\r\nALAM DAN POTENSI DAERAH DI KELAS IV B MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI \r\nKEDUNGREJA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012 \r\n \r\n \r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) \r\nUNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS \r\nPOKOK BAHASAN AKTIVITAS EKONOMI BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA\r\nALAM DAN POTENSI DAERAH DI KELAS IV B MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI \r\nKEDUNGREJA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012 \r\n \r\n \r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) \r\nUNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS \r\nPOKOK BAHASAN AKTIVITAS EKONOMI BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA\r\nALAM DAN POTENSI DAERAH DI KELAS IV B MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI \r\nKEDUNGREJA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012 \r\n \r\n \r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #10402 \n\nPENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) \nUNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS \nPOKOK BAHASAN AKTIVITAS EKONOMI BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA \nALAM DAN POTENSI DAERAH DI KELAS IV B MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI \nKEDUNGREJA CILACAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012 \n \n \n \n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .