eprintid: 10408 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/01/04/08 datestamp: 2014-03-13 07:47:46 lastmod: 2014-03-13 07:47:46 status_changed: 2014-03-13 07:47:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUHAMMAD NURUR RAHMAN , NIM. 08410088 title: NILAI-NILAI TAUHID DALAM SURAT AL HASYR AYAT 22-24 DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI AJAR AQIDAH AKHLAK MADRASAH TSANAWIYAH ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Nilai-Nilai Tauhid, Al-Hasyr Ayat 22-24, Akidah Akhlak, Madrasah Tsanawiyah abstract: MUHAMMAD NURURRAHMAN. Nilai-Nilai Tauhid Dalam Surat Al- Hasyr Ayat 22-24 dan Relevansinya Dengan Materi Akidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah, Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah Surat al-Hasyr ayat 22-24 memuat kandungan nilai tauhid berupa asmaul Husna yang menjadi bagian dari materi Akidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah. Mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Tsanawiyah adalah salah satu mata pelajaran PAI yang merupakan peningkatan dari akidah dan akhlak yang telah dipelajari oleh peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasar. Penelitian terhadap ayat-ayat tersebut sangat urgen untuk mendukung proses penanaman nilai-nilai tauhid untuk menyajikan materi akidah akhlaq secara lebih efektif dan efisien pada peserta didik tingkat madrasah tsanawiyah. Tujuan penelitian ini, (1) Untuk mengetahui nilai-nilai tauhid dalam surat Al Hasyr ayat 22-24. (2) Untuk mengetahui relevansi antara nilai-nilai tauhid dalam surat Al Hasyr ayat 22-24 dengan materi Akidah-Akhlak Madrasah Tsanawiyah.. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat literer. Pendekatan yang digunakan adalah hermeunetik, untuk menautkan antara corak analisis tekstual yang berupa memahami makna kandungan suatu ayat dalam Al-Qur’an dari penafsiran ahli tafsir dan kemudian dikontekstualisasikan ke dalam dunia pendidikan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Kandungan dalam surat Al Hasyr ayat 22-24 berupa Asmaul Husna tersebut berisi empat belas dari seluruh jumlah 99 Asmaul Husna yang ada, yakni al-‘Al m, ar-Rahmān, ar-Rah m, al- Mal k, al-Qudus, as-Salām, al-Mukm n, al-Muhaimin, al-Az z, al-Jabar, al- Mutakabbir, al-Khāliq, al-Musawwir, al-Hak m. . (2) Relevansi antara isi surat Al Hasyr ayat 22-24 dengan materi Akidah- Akhlak Madrasah Tsanawiyah adalah bahwa surat Al Hasyr ayat 22-24 sebagai salah satu rujukan dalam menentukan materi Akidah-Akhlak yang berkaitan dengan Asmaul Husna. Adapun materi pada semester genap Madrasah Tsanawiyah kelas VII tersebut ternyata hanya mengambil sebagian dari isi kandungan yang terdapat dalam surat Al Hasyr ayat 22-24 yang dituangkan dalam Standar Kompetensi tentang memahami Asmaul Husna maka muncul empat Kompetensi Dasar yang masing-masing dituangkan dalam beberapa indikator pencapaian hasil belajar. date: 2012-06-21 date_type: published pages: 105 institution: PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA department: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA thesis_type: skripsi citation: MUHAMMAD NURUR RAHMAN , NIM. 08410088 (2012) NILAI-NILAI TAUHID DALAM SURAT AL HASYR AYAT 22-24 DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI AJAR AQIDAH AKHLAK MADRASAH TSANAWIYAH. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10408/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10408/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10408/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10408/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10408/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10408/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10408/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10408/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10408/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10408/10/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10408/15/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10408/16/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10408/17/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10408/18/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10408/19/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10408/20/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10408/21/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10408/22/small.jpg