eprintid: 10409 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/01/04/09 datestamp: 2014-03-13 07:47:42 lastmod: 2014-03-13 07:47:42 status_changed: 2014-03-13 07:47:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUHAMMAD TAQIUDDIN, NIM. 08410024 title: PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI KELAS IV AWALIYAH DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AL-MUNAJAH WONOKROMO, PLERET, BANTUL, YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: akidah akhlak, motivasi belajar PAI, Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Munajah Wonokromo abstract: MUHAMMAD TAQIUDDIN. Peran guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar PAI kelas IV Awaliyah di Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Munajah Wonokromo, Pleret, Bantul, Yogyakarta. Skripsi. Yoyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa anak-anak kelas IV Awaliyah Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Munajah merupakan anak-anak yang baru duduk di bangku kelas V dan VI SD, karena terlalu banyaknya aktivitas yang dijalani anak-anak seperti pulang sekolah yang sampai sore, adanya jam tambahan belajar di sekolah untuk menghadapi ujian, Bimbel, dan aktivitas mengaji dipondok-pondok pesantren di malam hari, sehingga dalam belajar anak-anak tidak bisa terlepas dengan yang namanya motivasi untuk belajar. Permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah usaha-usaha guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar PAI dikelas IV Awaliyah, metode-metode apa saja yang digunakan guru dalam mengajar di kelas IV Awaliyah, dan faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam guru mengajar di kelas IV Awaliyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) usaha guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar PAI kelas IV Awaliyah antara lain, membuat rencana dalam pembelajaran, membuat persiapan pembelajaran agar pembelajaran bisa berjalan sesuai dengan RPP yang sudah dibuat, menjadi seorang motivator dengan mengunakan beberapa bentuk motivasi seperti memberi angka atau nilai bagi siswa rajin dan aktif di kelas, memberi hadiah,dan memberi sanjungan dan pujian bagi siswa yang rajin dan aktif di kelas. 2) Metode yang digunakan guru akidah akhlak antara lain: metode lalaran (hafalan), metode lagu, metode membaca bersama-sama, metode ceramah, metode cerita, metode tanya jawab. 3) Faktor pendukung : Kondisi kelas yang nyaman untuk belajar dan jauh dari keramaian, Guru akidah akhlak yang pandai dan menguasai dalam bidang yang diampunya, Kondisi anak di kelas IV Awaliyah yang kebanyakan sudah lancar dalam membaca Al-Qur’an dan menulis arab. Faktor penghambat: Banyak anak yang datang ke Madrasah dalam keadaan mengantuk dan lelah, sehingga anak kurang fokus dalam menerima pelajaran, Ada beberapa anak yang suka makan di kelas, sehingga menganggu proses pembelajaran, Peran orang tua yang kurang memperhatikan anaknya untuk belajar di Madrasah, sehingga ada berberapa anak yang semaunya sendiri ketika ada di kelas, Banyaknya anak yang tidak memiliki buku (kitab) untuk belajar, sehingga ketika proses belajar mengajar banyak waktu yang terbuang untuk mencatat materi. date: 2012-05-21 date_type: published pages: 124 institution: PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA department: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA thesis_type: skripsi citation: MUHAMMAD TAQIUDDIN, NIM. 08410024 (2012) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PAI KELAS IV AWALIYAH DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AL-MUNAJAH WONOKROMO, PLERET, BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10409/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10409/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10409/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10409/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10409/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10409/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10409/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10409/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10409/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10409/10/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10409/15/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10409/16/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10409/17/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10409/18/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10409/19/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10409/20/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10409/21/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10409/22/small.jpg