eprintid: 1041 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/10/41 datestamp: 2012-05-21 03:35:51 lastmod: 2017-03-15 01:08:58 status_changed: 2012-05-04 16:40:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: IRMA MUTHOHAROH - NIM. 03470610, title: PENDIDIKAN KRITIS DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (studi pada program peace Building oleh Lintas-Interfaith Yogyakarta di Desa Semoyo Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta) ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted keywords: Pendidikan kritis, pemberdayaan masyarakat note: Pembimbing : Muh. Agus Nuryatno, M.Ag.,Ph.D. abstract: ABSTRAK b Sejatinya, /b pendidikan merupakan proses untuk mengembalikan manusia pada konsep fitrahnya yaitu untuk memanusiakan manusia (humanisasi). Sedangkan pendidikan kritis adalah menyadarkan manusia tertindas agar mampu mebaca secara cerdas atas fenomena di sekitarnya dirinya. Dengan kemampuan membaca realitas bertujuan menemukan relasi-relasi permasalahnnya. Tujuan pendidikan kritis adalah agar peserta memiliki kesadaran kritis yang merupakan kesadaran yang bersifat analitis sekaligus praksis yaitu ketika seseorang mampu memahami persoalan sosial, mulai dari pemetaan masalah, identifikasi serta mampu menentukan unsur-unsur yang mempengaruhinya. Disamping itu ia tahu menawarkan solusi-solusi alternatif dari suatu problem sosial. Sedangkan pemberdayaan masyarakat adalah proses belajar bagi masyarakat dalam usaha meningkatkan taraf hidupnya yang dilakukan dengan bertahap dan terus menerus sehingga mencapai kemandirian. Kemandirian masyarakat yaitu kemampuan untuk memikirkan dan memecahakn permasalahan-permasalahan yang dihadapinya. Melalui pendidikan kritis inilah bertujuan untuk menciptakan masyarakat yang memiliki kesadaran ktitis sehingga menuju pada masyarakat yang cerdas dan mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field research), yang mengambil lokasi di Desa Semoyo Kecamatan Patuk Kabupaten Gunugkidul Yogyakarta, dengan menggunakan metode teknik pengumpulan data: Observasi, wawancara (Interview), dokumentasi, trianggulasi dan analisis data. Observasi yaitu melakukan pengamatan dan pencatatan secara sistematis terhadap situasi dan kondisi aktual seperti observasi terhadap pelaksanaan pendidikan kritis. Wawancara (interview) merupakan metode pengumpulan data dengan tanya jawab interaktif yang di tujukan kepada koordinator program Peace Building, Kepala Desa Semoyo, dan masyarakat yang mengikuti proses Pendidikan kritis. selanjutnya metode dokumentasi yaitu mempelajari data-data yang berupa buku panduan, TOR, catatan proses kegiatan dan laporan-laporan. Penelitian ini lebih jauh ingin mengetahui implementasi, implikasi bagi masyarakat dan kelemahan Program Peace Building yang merupakan bentuk pendidikan kritis. Hasil penelitian ini adalah pendidikan kritis yang dilakukan di Desa Semoyo Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul telah memberikan implikasi terhadap peserta yaitu tumbuhnya kesadaran kritis, tumbuhnya kesadaran politik, tumbuhnya kesadaran untuk belajar, mendorong terselenggaranya pemerintahan desa yang baik dan mampu menjalin kerjasama dengan Instansi lain yaitu Bapeda Kabupaten Gunungkidul, Dinas Pertanian Kabupaten Gunungkidul, Yayasan Caritas Yogyakarta, USC Satunama Yogyakarta, Fakultas Peternakan UGM Yogyakarata. Sedangkan implikasi terhadap Perangkat Desa adalah komitmen untuk menyelenggarakan pemerintahan yang baik dan demokratis. Sedangkan kelemahan pendidikan ini adalah kurangnya proses transformasi kepada keseluruhan masyarakat di Desa Semoyo, sehingga masyarakat yang tidak dilibatkan hanya menjadi objek bukan subjek atas pembaharuan di desanya. date: 2008-07-01 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2008-07-01 12:37:30 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--irmamuthoh-488-1-irmamut-e.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/10/digilib-uinsuka--irmamuthoh-488-1-irmamut-e.pdf ; url download server lama : /download.php?id=611 ; nama file lama : IRMA MUTHOHAROH 03470610 PENDIDIKAN KRITIS DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (studi pada program peace.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 2023822 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2008 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: IRMA MUTHOHAROH - NIM. 03470610, (2008) PENDIDIKAN KRITIS DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (studi pada program peace Building oleh Lintas-Interfaith Yogyakarta di Desa Semoyo Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1041/1/BAB%201%2C%20BAB%20VI%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1041/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III%2C%20BAB%20IV%2C%20BAB%20V.pdf