TY - THES ID - digilib10410 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10410/ A1 - NAELY MAGFIROH, NIM. 08410198 Y1 - 2012/05/16/ N2 - NAELY MAGFIROH. Pembelajaran Al Qur?an dan Dampaknya terhadap Kemampuan Membaca Al Qur?an bagi Pendengar Pro-Aktif Acara Q On Air di Radio MQ FM Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pembelajaran Al Qur?an dan dampaknya terhadap kemampuan membaca Al Qur?an bagi pendengar pro-aktif acara Q On Air di Radio MQ FM Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pertimbangan bagi pihak-pihak yang berkecimpung dalam bidang pendidikan untuk semakin mengembangkan media yang dapat dimanfaatkan bagi penyaluran pendidikan kepada masyarakat dan sebagai masukan bagi Radio MQ FM Yogyakarta untuk meningkatkan mutu siaran acara Q On Air. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi studio Radio MQ FM Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis kualitatif, dan pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan (1) Bentuk pembelajaran Al Qur?an yang dilaksanakan dalam acara Q On Air ialah dengan membuka line telepon bagi pendengar yang ingin berinteraksi aktif membaca Al Qur?an, untuk kemudian dilakukan pengkoreksian oleh narasumber. Pembelajarannya didahului dengan contoh pembacaan ayat Al Qur?an yang menjadi materi pembelajaran oleh narasumber. Pembahasan materi baik berupa jenis lagu/irama maupun mengenai ilmu tajwid seperti hukum bacaan, makhorijul huruf, hukum mad dan qoshr, dan lain sebagainya yang terdapat dalam materi pembelajaran pun senantiasa disampaikan disela-sela interaksi para pendengar pro-aktif. (2) Pembelajaran Al Qur?an dalam acara Q On Air mempunyai dampak yang positif bagi pendengar pro-aktif yang secara kontinyu mengikuti acara tersebut. Dampak tersebut berupa kelancaran dalam membaca Al Qur?an, pelafadzan bacaan dengan benar, serta penerapan ilmu tajwid di kala membaca Al Qur?an. Manfaat yang dirasakan pendengar pro-aktif dari pembelajaran tesebut ialah peningkatan pengetahuan ilmu tajwid, kehati-hatian dalam membaca Al Qur?an yang semakin diperhatikan, adanya peningkatan gairah membaca Al Qur?an serta penggunaan irama atau lagu dalam melantunkan ayat-ayat Al Qur?an. PB - PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA KW - Al Qur?an KW - Pendengar Pro-Aktif Acara Q On Air KW - Radio MQ FM Yogyakarta M1 - skripsi TI - PEMBELAJARAN AL QUR?AN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR?AN BAGI PENDENGAR PRO-AKTIF ACARA Q ON AIR DI RADIO MQ FM YOGYAKARTA AV - restricted EP - 164 ER -