%0 Thesis %9 Skripsi %A NISWATUN NISA, NIM. 08420104 %B UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %D 2012 %F digilib:10425 %I PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA %K Pembelajaran, Kitab Kuning, Mufrodat %P 96 %T PENGARUH PEMBELAJARAN KITAB KUNING TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA (MUFRODAT) BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN MANBA’UL ULUM GROBOGAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10425/ %X Niswatun Nisa, Pengaruh Pembelajaran Kitab Kuning Terhadap Penguasaan Kosakata (Mufrodat) Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Manba’ul Ulum Grobogan. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Manba’ul Ulum terhadap penguasaan kosakata (mufrodat) bahasa Arab, yang terfokus pada bagaimana proses pembelajaran kitab kuningnya, mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran kitab kuning terhadap kemampuan santri dalam penguasaan kosakata (mufrodat) bahasa Arab, di pondok pesantren Manba’ul Ulum, baik kosakata (mufrodat)aktif ataupun pasif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil latar belakang pondok pesantren Manba’ul Ulum Grobogan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif-kuantitatif yaitu menafsirkan datadata yang diperoleh kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dalam proses pembelajaran kitab kuning di Pondok pesantren Manba’ul Ulum Grobogan, baik kosakata (mufradat) aktif ataupun pasif. Akan tetapi besaran pengaruhnya berbeda. Pengaruh pembelajaran kitab kuning terhadap penguasaan kosakata (mufrodat) aktif adalah sebesar 0.047089. Sedangkan besaran pengaruh pembelajaran kitab kuning terhadap penguasaan kosakata (mufrodat) pasif adalah sebesar 0,206116. Dari hasil pengkajian secara kuantitatif, hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya pemberlakuan pembelajaran kitab kuning di kalangan pondok pesantren lainnya.