eprintid: 10425 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/01/04/25 datestamp: 2014-03-13 07:48:16 lastmod: 2017-04-12 02:52:49 status_changed: 2014-03-13 07:48:16 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NISWATUN NISA, NIM. 08420104 title: PENGARUH PEMBELAJARAN KITAB KUNING TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA (MUFRODAT) BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN MANBA’UL ULUM GROBOGAN ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran, Kitab Kuning, Mufrodat abstract: Niswatun Nisa, Pengaruh Pembelajaran Kitab Kuning Terhadap Penguasaan Kosakata (Mufrodat) Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Manba’ul Ulum Grobogan. Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Tarbiyah dan keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Manba’ul Ulum terhadap penguasaan kosakata (mufrodat) bahasa Arab, yang terfokus pada bagaimana proses pembelajaran kitab kuningnya, mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran kitab kuning terhadap kemampuan santri dalam penguasaan kosakata (mufrodat) bahasa Arab, di pondok pesantren Manba’ul Ulum, baik kosakata (mufrodat)aktif ataupun pasif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan mengambil latar belakang pondok pesantren Manba’ul Ulum Grobogan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif-kuantitatif yaitu menafsirkan datadata yang diperoleh kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dalam proses pembelajaran kitab kuning di Pondok pesantren Manba’ul Ulum Grobogan, baik kosakata (mufradat) aktif ataupun pasif. Akan tetapi besaran pengaruhnya berbeda. Pengaruh pembelajaran kitab kuning terhadap penguasaan kosakata (mufrodat) aktif adalah sebesar 0.047089. Sedangkan besaran pengaruh pembelajaran kitab kuning terhadap penguasaan kosakata (mufrodat) pasif adalah sebesar 0,206116. Dari hasil pengkajian secara kuantitatif, hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya pemberlakuan pembelajaran kitab kuning di kalangan pondok pesantren lainnya. date: 2012-06-11 date_type: published pages: 96 institution: PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA department: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NISWATUN NISA, NIM. 08420104 (2012) PENGARUH PEMBELAJARAN KITAB KUNING TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA (MUFRODAT) BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN MANBA’UL ULUM GROBOGAN. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10425/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10425/2/BAB%20II%2C%20III.pdf