TY - THES ID - digilib10434 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10434/ A1 - NOVIANNA YHURIKE, NIM. 08480032 Y1 - 2012/07/24/ N2 - Novianna Yhurike. Penerapan Metode Team Accelerated Instruction (TAI) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas V MI Muhammadiyah Kranggan Manisrenggo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa karena kurangnya kerjasama antara satu siswa dengan siswa lainnya sehingga membuat suasana kelas menjadi tidak kooperatif. Untuk mengatasi permasalah tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran. Perbaikan pembelajaran ini menggunakan metode Team Accelerated Instruction (TAI) yang diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI Muhammadiyah Kranggan Manisrenggo tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 23 siswa. Data-data yang dikumpulkan berupa data nilai siswa (pra tindakan dan evaluasi), hasil observasi dan hasil wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal, lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data untuk prestasi belajar siswa menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang didasari data kuantitatif setelah menghitung semua komponen penilaian dan mengambil rata-ratanya. Hasil analisis prestasi belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Kranggan Manisrenggo pada mata pelajaran Matematika mengalami peningkatan. Pada saat pra tindakan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 3 siswa atau sebesar 13,04%. Nilai rata-rata siswa pada pra tindakan 32,39 dengan nilai tertinggi 60 dan nilai terendah 15. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa atau sebesar 56,52%. Nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 66,96 dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 40. Siklus II juga menunjukkan peningkatan, yaitu ada 16 siswa yang tuntas atau sebesar 69,57%. Nilai rata-rata pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 78,91 dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 45. Dengan demikian, penerapan metode Team Accelerated Instruction (TAI) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di MI Muhammadiyah Kranggan Manisrenggo Klate PB - PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA KW - Prestasi KW - Team Accelerated Instruction (TAI) KW - Matematika M1 - skripsi TI - PENERAPAN METODE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V MI MUHAMMADIYAH KRANGGAN MANISRENGGO TAHUN PELAJARAN 2011/2012 AV - restricted EP - 195 ER -