%0 Thesis %9 Skripsi %A MUCHAMMAD HIDAYATULLOH, NIM. 10530062 %B FAK. USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM %D 2013 %F digilib:10435 %I UIN SUNAN KALIJAGA %P 152 %T RASM USMANNI DALAM MUSHAF POJOK MENARA KUDUS (KAJIAN FARSYUL KALIMAT PADA KAIDAH HAZF ALIF) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10435/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rasm yang dipakai dalam mushaf pojok menara Kudus yang berbeda terhadap kaidah rasm Usmani yang merupakan acuan penulisan mushaf di deluruh dunia serta mengetahui bentuk rasm mushaf pojok menara Kudus yang tidak sesuai dengan rasm Usmani serta mengetahui bahwa rasm yang dipakai mushaf pojok menara Kudus khususnya pada lafaz kaidah hazf yang mempunyai pengaruh pada bacaan qira’at sab’ah. Penilitian ini merupakan penilitian berbentuk library research namun tak lepas dari penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan mengambil mushaf pojok menara Kudus sebagai objek kajian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil sumber penelitian dari kitab-kitab yang berkenaan dengan rasm Usmani dan qira’at sab’ah Pengumpulan data dengan menggunakan metode dukumentasi dan wawancara. Metode yang digunakan dalam menganalisi data dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis) dengan perpaduan koherensi internal. Hasil penelitian menunjukkan 1) Mushaf pojok menara Kudus adalah salah satu mushaf yang banyak dipakai sebagai rujukan menghafal al-Qur’an di Indonesia dan merupakan mushaf yang diterbitkan oleh percetakan Menara Kudus yang merupakan mushaf copy-an dari penagasuh Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an KH. Arwani Amin ketika beliau pulang dari tanah suci namun pada saat ini Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an tidak memakai mushaf itu lagi dan menggunakan mushaf al-Kuds bir-rasmil Usmani yang dicetuskan oleh putra beliau yaitu KH. Ulil Albab. 2) Rasm yang digunakan dalam mushaf menggunakan rasm Usmani dan rasm Imla‘i dan hanya mengacu pada satu qira‘at yaitu qira‘at Imam Hafs dari riwayat Imam Ashim hal ini berbeda dengan acuan baku penulisan mushaf seluruh dunia yang menggunakan rasm Usmani yangyang mencover seluruh bacaan yang di sampaikan oleh Rasululah, karena pada dadarnya rasm yang dipakai dalam mushaf Kudus adalah sebagai penguat qira’at Imam Hafs dari riwayat Imam Ashim. 3) Dari beberapa kaidah rasm Usmani, penulis membatasi pada kajian salah satu kaidah rasm Usmani, yaitu hazf alif pada mushaf Kudus serta memaparkan pengaruh penulisan mushaf Kudus terhadap qira’at sab’ah dan memberikan contoh bacaan-bacaan imam qira’at sab’ah serta membandingkan dengan mushaf al-Kuds bir-rasmil Usmani yang dicetuskan oleh putra beliau yaitu KH. Ulil Albab. %Z Pembimbing: Drs. H. Abdul Mustaqim, MA