TY - UNPB ID - digilib10437 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10437/ A1 - NOVITA DESTI ARISANDI GULTOM, NIM. 08420107 Y1 - 2012/07/04/ N2 - Novita Desti Arisandi. Penerapan strategi giving questions and getting answers dalam meningkatkan prestasi belajar dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VIII C MTs Negeri Godean Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Peneliti menemukan masalah bahwasanya masih banyak peserta didik di kelas VIII C MTs Negeri Godean yang nilai bahasa Arabnya dibawah KKM. KKM bahasa Arab di Madrasah ini yaitu dengan nilai 70. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran bahasa Arab dengan strategi giving questions and getting answers dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas VIII C di MTs Negeri Godean. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu suatu pengawasan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus terhadap 36 peserta didik. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu plan (perencanaan), act (tindakan), observe (pengamatan), dan reflect (refleksi). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan strategi giving questions and getting answers dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Arab di kelas VIII C MTs Negeri Godean, Yogyakarta. Hal ini terbukti pada siklus satu nilai pre-test 40,56 dan nilai pos test 64,17, pada siklus dua nilai pre-test 52,50 dan pos-test 76,39, dan pada siklus tiga nilai pre-test 54,44 dan pos-test 80,81. Strategi ini adalah strategi untuk melibatkan seluruh peserta didik dalam meninjau ulang materi yang sudah dipelajari di akhir pelajaran. Pada strategi ini setiap peserta didik mendapatkan masing-masing dua kartu yang berbeda warna. Masing-masing peserta didik menuliskan pada kertas satu tentang apa yang belum mereka pahami, dan pada kertas dua tentang apa yang belum mereka pahami. PB - PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA KW - giving questions and getting answers KW - prestasi belajar KW - M1 - skripsi TI - PENERAPAN STRATEGI GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWERS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIII C DI MTs NEGERI GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012 AV - restricted EP - 165 ER -