<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI KELAS I’DADY PONDOK\r\nPESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA (STUDI KOMPARASI EFEKTIFITAS METODE BANDONGAN DENGAN METODE SOROGAN)"^^ . "NUR CAHYATI (08470108).Proses Pembelajaran Kitab Kuning di Kelas\r\nI’dady Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta (Studi Komparatif Metode\r\nBandongan dengan Metode Sorogan). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan\r\nIslam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012.\r\nLatar belakang penelitian ini bahwasanya metode bandongan dan metode\r\nsorogan adalah dua metode lama yang masih tetap digunakan oleh para ustadz\r\nuntuk penyampaian pembelajaran kitab sampai sekarang, sementara kelas I’dady\r\nadalah kelas awal dalam jenjang pendidikan di Pondok Pesantren Al-\r\nLuqmaniyyah Yogyakarta. Masih banyak di antara mereka yang baru mengenal\r\ndengan Kitab Kuning, karena sebagian besar dari mereka adalah lulusan sekolah\r\numum yang di dalam kurikulum sekolahnya tidak ada mata pelajaran kitab\r\nkuning.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode\r\nbandongan dan sorogan di kelas I’dadyPondok Pesantren Al-Luqmaniyyah\r\nYogyakarata, mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kedua metode tersebut,\r\nserta untuk mengetahui hasil belajar dari pembelajaran kitab kuning dengan kedua\r\nmetode tersebut, selain itu juga untuk membandingkan antara kedua metode\r\ntersebut dalam tingkat ketepatan penerapan pada pembelajaran kitab kuning di\r\nkelas I’dady. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil\r\nlatar kelas I’dady Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta, pengumpulan\r\ndata menggunakan Observasi, Wawancara, dokumentasi, dan angket. Sumber\r\ndatanya adalah para santri kelas I’dady dan ustadz pengampu kitab Mabadi’ Fiqih\r\ndan kitab Taisirul kholaq. Analisa data dilakukan dengan memberikan makna\r\nterhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik\r\nkesimpulan.\r\nHasil penelitian ini menunjukan (1) Proses pembelajaran kitab kuning\r\ndengan metode bandongan berjalan baik, meskipun terkadang ada santri yang\r\nmelamun sendiri bahkan mengantuk, dengan menggunakan metode sorogan\r\nberjalan baik pula, santri belajar membaca kitab kuning dan disemak langsung\r\noleh ustadznya, santri terlihat serius menyetorkan bacaan kitabnya. (2) Kelebihan\r\ndari metode bandongan yaitu: mudah tempat dan efisien waktu, kelebihan metode\r\nsorogan yaitu: santri lebih siap mengikuti pembelajaran, melatih santri untuk lebih\r\npercaya diri. (3) Kekurangan metode bandongan yaitu: ustadz tidak mengetahui\r\nkemampuan setiap santri, kekurangan metode sorogan yaitu: memerlukan waktu\r\nyang lama dalam proses pembelajaran, timbulnya rasa bosan dalam proses\r\npembelajaran. (4) Hasilnya belajar santri dengan metode bandongan rata-rata nilai\r\nsemester satu dan dua adalah 73,85, dan nilai rata-rata santri setelah belajar kitab\r\nkuning dengan metode sorogan adalah 84,90, selisih antara nilai tersebut adalah\r\n11, 05.\r\nPenelitian ini diharapkan dapat dijadikan pertimbangan para ustadz dalam\r\nmenentukan metode dalam pembelajaran kitab kuning khususnya di Pondok\r\nPesantren, dan dapat menembah wawasan bagi para pembaca pada umumnya."^^ . "2012-07-30" . . . . "PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 08470108"^^ . "NUR CAHYATI"^^ . "NIM. 08470108 NUR CAHYATI"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI KELAS I’DADY PONDOK\r\nPESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA (STUDI KOMPARASI EFEKTIFITAS METODE BANDONGAN DENGAN METODE SOROGAN) (Text)"^^ . . . "PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI KELAS I’DADY PONDOK\r\nPESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA (STUDI KOMPARASI EFEKTIFITAS METODE BANDONGAN DENGAN METODE SOROGAN) (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI KELAS I’DADY PONDOK\r\nPESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA (STUDI KOMPARASI EFEKTIFITAS METODE BANDONGAN DENGAN METODE SOROGAN) (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI KELAS I’DADY PONDOK\r\nPESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA (STUDI KOMPARASI EFEKTIFITAS METODE BANDONGAN DENGAN METODE SOROGAN) (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI KELAS I’DADY PONDOK\r\nPESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA (STUDI KOMPARASI EFEKTIFITAS METODE BANDONGAN DENGAN METODE SOROGAN) (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI KELAS I’DADY PONDOK\r\nPESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA (STUDI KOMPARASI EFEKTIFITAS METODE BANDONGAN DENGAN METODE SOROGAN) (Other)"^^ . . . . . . "PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI KELAS I’DADY PONDOK\r\nPESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA (STUDI KOMPARASI EFEKTIFITAS METODE BANDONGAN DENGAN METODE SOROGAN) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI KELAS I’DADY PONDOK\r\nPESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA (STUDI KOMPARASI EFEKTIFITAS METODE BANDONGAN DENGAN METODE SOROGAN) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI KELAS I’DADY PONDOK\r\nPESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA (STUDI KOMPARASI EFEKTIFITAS METODE BANDONGAN DENGAN METODE SOROGAN) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI KELAS I’DADY PONDOK\r\nPESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA (STUDI KOMPARASI EFEKTIFITAS METODE BANDONGAN DENGAN METODE SOROGAN) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #10441 \n\nPEMBELAJARAN KITAB KUNING DI KELAS I’DADY PONDOK \nPESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA (STUDI KOMPARASI EFEKTIFITAS METODE BANDONGAN DENGAN METODE SOROGAN)\n\n" . "text/html" . . . "Kependidikan Islam"@id . .